Lamsel (Pikiran Lampung
) -Melihat banyaknya kepentingan rakyat yang harus diperjuangkan, salah satu jurnalis kawakan dan kritis di Lampung, Gandi Yusnadi 'banting stir' jadi caleg di Partai Demokrat Lampung. 

Dimana, setelah mendapatkan restu keluarga dan dukungan masyarakat Dusun Jati Sari Jati Desa Mulyo Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan, wartawan senior Lampung Gandi Yusnadi mendaftarkan diri sebagai calon legilatif Lampung Selatan dari partai Demokrat ke Ke KPU Lampung Selatan, Sabtu (13/5/2023).

“Alhamdulillah pendaftaran calon legeslatif kader partai Demokrat Lampung Selatan diterima dan dinyatakan lengkap oleh KPU Lampung Selatan, saya calon legislatif dari dapil lima Jati Agung akan berkerja keras meraih dan mencolong kursi yang sebelumnya sempat kosong mewakili kader Demokrat di DPRD Lampung Selatan,” kata Gandi Yusnadi, di KPU Lampung Selatan, Septu (13/5/2023).


Pendaftaran dengan diiringi sejumlah kader dan pengurus partai Demokrat Lampung Selatan, dengan menggunakan berbagai atribut partai dengan diwarnai pakaian atribut khas daerah Lampung. Pendaftran calon legislatif dilakukan secara kolektif yang diajukan ketua DPC Demokrat Lampung Selatan M Junaidi, langsung diterima ketua KPU Lampung Selatan Ansurasta AZ didamping lima komisioner KPU  dan disaksikan Komisioner Panwas Lampung Selatan Hendra Fauzi


Ketua KPU Lampung Selatan Ansurasta AZ menyatakan, sesuai dengan tahapan pengajuan calon legeslatif,  KPU Lampung selatan secara resmi membuka pendaftaran pencalonan legeslatif, dengan membetuk tim dikoordinir lima komisoner KPU, untuk meneliti dan memeriksa persyaratan calonan legislatif yang diajukan partai poltik.

“Berkas calon legislatif Demokrat telah diterima, berdasarkan pemeriksaan dan penelitian syarat -syarat pencalonan, untuk itu KPU menetapkan status pencalonan dari kader Demokarat dinyatakan lengkap dan diterima,” Kata Ansurasta ketua KPU Lampung Selatan.

Dengan diiringi arak-arakan sepasang pengantin berpakaian adat Lampung, dimeriahkan musik tetabuhan serta dikawal oleh pendekar silat Sinding Keratuan Darah Putih bersama tupping ruabelas, Ketua DPC Partai Demokrat Lampung Selatan M. Junaidi, SH resmi mendaftarkan 50 orang Bakal Calon Legislatifnya, ke KPU setempat, sekira pukul 13.00 wib, Sabtu 13 Mei 2023.

M. Junaidi didampingi Sekretaris Suhendra, dan Bendahara Vera Lie Dyaningsih bersama seratusan pengurus DPC dan bacaleg, diterima langsung oleh Ketua KPU Lampung Selatan Ansurasta Razak, dan Ketua Bawaslu Lampung Selatan Hendra Fauzi. 

Setelah dilakukan verifikasi oleh KPU, berkas pendaftaran Demokrat Lampung Selatan dinyatakan lengkap dan bisa mengikuti tahapan selanjutnya. 

"Setelah dilakukan verifikasi sementara, berkas pendaftaran Partai Demokrat dinyatakan lengkap dan bisa mengikuti tahapan selanjutnya, " kata Ansurasta Razak yang disambut tepuk tangan dan ucapan syukur seluruh kader Demokrat yang hadir. 

Sementara itu, Ketua DPC M. Junaidi usai pendaftaran mengatakan pihaknya siap mengikuti aturan KPU. "Jika nanti harus ada perbaikan terkait informasi akan ada aturan yang baru, kami siap melakukan perbaikan berkas, " ujarnya. 

Dari 50 bacaleg yang didaftarkan Bung Adi, biasa dia dipanggil mengatakan sudah memenuhi persyaratan 30 persen keterwakilan perempuan. Sedangkan bacaleg incumbent seluruhnya kembali mencalonkan diri di dapilnya masing-masing. 

"Ya untuk caleg perempuan sudah mencukupi 30 persen sesuai aturan KPU, sedangkan bacaleg incumbent semua kembali mengikuti kontestasi sesuai dapilnya yang lama, " ungkapnya. 

Selain itu dia mengaku dari seluruh bacaleg yang mendaftar terdapat banyak bacaleg milenial muda yang berusia di bawah 25 tahun. 

"Ya betul, hampir 35 persen bacaleg kami dari kalangan milenial. Hal ini karena kita melihat potensi pemilih milenial kita sangat besar. Kami yakin para bacaleg milenial kita mampu bersaing dan meraih suara sebanyak mungkin dari segmen anak muda, " urainya. 

Disinggung target peraihan kursi, pria yang akan segera dilantik menjadi anggota PAW DPRD Lampung itu mengatakan pihaknya tidak mau jumawa memasang target tinggi namun nantinya berbeda dengan fakta di lapangan. 

"Kami tidak mau bicara muluk-muluk, realistis saja. Saat ini kami punya 5 kursi. Target moderat kami adalah bisa meraih 8 kursi dari 7 dapil. Ada satu dapil kami proyeksikan meraih 2 kursi. Tapi dapil mana itu masih rahasia ya, " jelasnya seraya tersenyum. 

Dicecar media apakah target tersebut tidak terlalu rendah bagi Partai Demokrat yang memiliki sejarah pernah menjadi pimpinan dewan, secara politis bakal calon DPRD Lampung dari dapil Lampung Selatan itu mengatakan hal itu tentu jadi target selanjutnya. 

"Ya target moderat kami bisa raih 8 kursi, sedangkan target utamanya tentulah menang pemilu dan duduk  menjadi pimpinan dewan. Mohon doanya saja ya dari kawan-kawan media, " pungkasnya. (Red)

Post A Comment: