Bandarlampung (Pikiran Lampung)-Kasus pasien Konfirmasi atau positif Covid-19 di Lampung kembali bertambah 15 sehingga total berjumlah 841 pasien, Minggu (27/09/2020).

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung, Reihana mengungkapkan, penambahan 15 kasus ini berasal dari Kabupaten Lampung Selatan tiga orang,  Pringsewu satu orang, Lampung Tengah dua orang, Bandar Lampung delapan orang dan kota Metro satu orang.

"Bertambah lagi 15 orang, sebanyak enam orang merupakan kasus baru dan sembilan orang merupakan hasil tracing. Dimana semuanya sedang menjalani isolasi mandiri," kata Reihana dalam rilisnya melalui WhatsApp Grup (WAG) resmi Covid-19 Dinas Kesehatan Provinsi Lampung.

Dijelaskan pasien positif Covid-19 nomor 827, 828 dan 829 pasien tersebut asal Lampung Selatan. Ketiga pasien tersebut merupakan hasil tracing dari pasien nomor 424.

"Pada 26 September terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil swab. Ketiganya sedang isolasi mandiri," kata Reihana.

Selanjutnya pasien nomor 830 perempuan usia 18 tahun asal kabupaten Pringsewu. Merupakan kasus baru. Pasien ini mempunyai riwayat perjalanan dari luar daerah yaitu Jakarta.

"Pasien mengalami batuk pilek serta hilang indra penciuman, pasien dilakukan pengambilan swab dan pada 26 September berdasarkan hasil swab positif yang bersangkutan dinyatakan terpapar Covid-19. Saat ini sedang menjalani isolasi mandiri di rumah," jelasnya.

Kemudian pasien positif Covid-19 nomor 831 perempuan usia 19 tahun asal kabupaten Lampung Tengah. Merupakan kasus baru.

"Berdasarkan hasil rapid test reaktif pasien dilakukan pengambilan swab dan pada 26 September 2020 hasil swab positif Covid-19. Saat ini sedang menjalani isolasi mandirii," ujarnya.

Pasien nomor 832 laki-laki usia 14 tahun juga berasal dari Kabupaten Lampung Tengah. Merupakan hasil tracing pasien 739. Kondisi sehat sedang isolasi mandiri di rumah.

Lalu pasien positif Covid-19 nomor 834, 835,836 dan 837 berasal dari kota Bandar Lampung. Pasien tersebut dua hasil tracing dari pasien 772 dan dua tracing pasien 795. "Keempat pasien tersebut sedang menjalani isolasi mandiri," kata Reihana.

Selanjutnya pasien nomor 838 laki-laki usia 44 tahun dari Bandar Lampung. Merupakan kasus baru.

Pasir ini merupakan seorang driver kendaraan BBM berkeliling untuk mengantar bahan bakar ke beberapa kabupaten/kota di Provinsi Lampung.

"Pasein melakukan pemeriksaan rapid test dengan hasil reaktif. Pasien langsung dilakukan pengambilan swab dan pada 26 September pasien dinyatakan positif Covid-19. Yang bersangkutan juga sedang isolasi," jelasnya.

Pasien positif Covid-19 nomor 839 usia 31 tahun dari Bandar Lampung yang juga merupakan kasus baru. Sebelumnya pasien mengalami sakit tenggorokan dan badan lemas. Pasien tersebut langsung melakukan pemeriksaan rapid test dengan hasil reaktif.

"Dengan hasil reaktif pasien langsung dilakukan pengambilan swab dan dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil swab pada Labkesda Provinsi Lampung," terangnya.

Pasien positif Covid-19 nomor 840 usia 49 tahun dari Bandar Lampung. Merupakan kasus baru. Tidak ada riwayat perjalanan.  Berdasarkan hasil swab pada Labkesda Provinsi Lampung pasien positif Covid-19. Saat ini sedang menjalani isolasi mandiri.

Terakhir pasien positif Covid-19 nomor 841 usia 47 tahun asal kota Metro yang juga merupakan kasus baru.

Pernah kontak dengan anaknya yang pulang dari Kalimantan. Pada awal bulan yang bersangkutan melakukan kegiatan keliling di beberapa kecamatan bersama tim penggerak PKK kabupaten Lampung Tengah.

"Pasien mengalami demam dan langsung dilakukan pemeriksaan rapid test dengan hasil reaktif. Dengan hasil reaktif, Dinas Kesehatan kota Metro langsung mengambil swab. Pada 26 September 2020 pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Saat ini sedang menjalani isolasi mandiri," terangnya.

Selain bertambah, Reihana juga menjelaskan sebanyak 10 pasien yang selesai isolasi tau dinyatakan sembuh.

"Alhamdulillah yang sembuh bertambah lagi, enam orang dari Bandar Lampung, dua orang Lampung Selatan, atau orang Pesawaran dan satu orang dari Lampung Barat," paparnya.

Pasien nomor 501, 568, 575, 652, 673, 681 dari kota Bandar Lampung, kemudian pasien nomor 611,653 dari Lampung Selatan, pasien nomor 668 dari Pesawaran dan pasien 687 dari kabupaten Lampung Barat.

"Ke 10 pasien tersebut dinyatakan sembuh berdasarkan hasil swab negatif Covid-19 dan telah menjalani isolasi terlebih dahulu," ungkapnya (San)

Post A Comment: