Kotaagung  (Pikiran Lampung)-- Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanggamus melakukan Sosialisasi Pemanfaatan Pekarangan Hatinya PKK, serta Pembagian Bibit Jeruk Shogun dan Bibit Pohon Kelor Bagi Kader PKK Kecamatan dan Pekon se-Kabupaten Tanggamus di Aula TP PKK setempat, Rabu (21/10/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani, selaku Pembina TP PKK Tanggamus, Ketua TP PKK Hj. Sri Nilawati Syafi'i, Wakil Ketua TP PKK Tanggamus Ny. Nur’aini Hamid Lubis, para Ketua TP PKK Kecamatan, sejumlah Kepala Pekon Unggulan dan Ketua TP PKK Pekon.

Ketua TP PKK Hj. Sri Nilawati dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan dilaksanakan dalam rangka pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan keluarga.

"Dimana hal yang mendasari kegiatan ini, seringkali dilihat bahwa masih banyak sekali masyarakat yang memanfaatkan lahan pekarangan seadanya. Padahal jika dioptimalkan dapat ditanami berbagai macam jenis tanaman yang bisa memenuhi ketersediaan pangan bagi keluarga," kata Sri.

Sri menerangkan, dalam kegiatan dibagikan 1.500 bibit jeruk shogun dan 3.000 bibit kelor. Dengan alokasi masing masing TP PKK Kecamatan mendapatkan 25 bibit jeruk dan 50 bibit kelor, sedangkan tiap pekon unggulan mendapatkan 25 bibit jeruk dan dan 50 bibit kelor.

"Saya berharap agar segenap Tim Penggerak PKK Kecamatan, Pekon, kader dan segenap masyarakat bersinergi mewujudkan ketersediaan pangan yang beragam dan bergizi bagi keluarga. Bantuan bibit ini hanyalah sebagai umpan yang dapat diikuti dengan penanaman berbagai bibit tanaman lokal yang beraneka ragam,” harapnya.

Sri juga berharap agar bibit kelor  tidak cuma ditanam dirumah kader saja, tetapi dengan kerja sama Kepala Pekon yang diunggulkan, setiap rumah dapat menanamnya.

"Insya Allah target kita di 2021 pekon unggulan di setiap rumahnya menanam pohon kelor, dan kami akan memberikan reward pada pekon yang terbanyak menanam pohon kelor di setiap rumahnya,” pungkas Sri.

Sementara Bupati Hj. Dewi Handajani, dalam sambutanya menyampaikan bahwa selaku Bupati sekaligus Ketua Pembina TP PKK Tanggamus, dirinya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan.

"Bunda menginginkan agar ada inovasi. Karena dari sebaran bibit tersebut tentunya tidak akan mencukupi dari pada kebutuhan lahan pekarangan yang ada di masyarakat di seluruh kabupaten Tanggamus. Oleh karenanya nantinya agar bisa dibudidaya lebih banyak lagi untuk masyarakat," harap Bupati.

Lebih lanjut, Bunda Dewi meminta TP PKK dan para kader membuat inovasi dan kreativitas, agar dapat mengolah jeruk dan daun kelor jadi makanan olahan yang bernilai ekonomi tinggi.

“Jadi saya berharap ini nanti ada program lanjutannya, bagaimana kita mengembangkan kreativitas dan inovasi dari pemanfaatan bibit bibit yang sudah diberikan bantuannya. Kelornya bisa dijadikan keripik, bisa juga bolu kelor, dan segala macam sajian yang saya yakin Ibu-ibu memiliki talenta yang luar biasa, sehingga kita bisa menambah lagi nilai manfaat dari pada dari bantuan yang kita berikan,” pungkasnya. (*/Ady)

Post A Comment: