Bandarlampung (Pikiran Lampung
)-Dalam rangka pergantian malam tahun baru 2021, masjid Al-Mu’awwanah Gedong Meneng kecamatan Rajabasa Bandar Lampung akan menggelar kegiatan malam Muhasabah. 

Diharapkan kegiatan tersebut dapat diikuti seluruh remaja dan generasi muda yang berdomisili di kelurahan Gedong Meneng. 

Bertalian dengan ini, Ketua takmir masjid Al-Mu’awwanah, Hi. Zaikadir didampingi sekretaris Hi. Kasirun menjelaskan bahwa acara tersebut dalam rangka untuk mengarahkan kaum muda agar melakukan hal yang positif dalam menyambut pergantian tahun. 

Zaikadir mengajak agar dalam menyambut detik-detik pergantian tahun baru semua pihak melakukan muhasabah atau instrospeksi diri di masjid guna melakukan evaluasi dan sujud syukur seraya mengharap bimbingan Allah. 


”Terlebih saat ini masyarakat di kota Bandar Lampung khususnya sedang menghadapi bencana pandemi virus Covid 19 yang telah banyak menelan korban jiwa dan memporakporandakan perekonomian serta kehidupan sosial masyarakat. Maka perlu dilakukan langkah-langkah pencegahannya,” ungkapnya. Acara muhasabah tersebut akan di isi dengan dialog lintas generasi, zikir dan ramah tamah, sekaligus akan dilakukan lounching penggunaan Wi-Fi. Fasilitas internet tersebut nantinya dapat dimanfaatkan secara gratis oleh seluruh masyarakat, khususnya bagi para pelajar dan pendidik dalam menunjang pembelajaran jarak jauh atau sistem daring. 

Kegiatan malam Muhasabah tersebut merupakan rangkaian dari program Jumat Berkah dan Gerakan Subuh Berjamaah yang telah berjalan. Menurut Hi.Yusnadi, ST. selaku koordinator kegiatan, program Jumat Berkah dan Subuh Berjama’ah tersebut semata-mata bukan hanya untuk meningkatkan peribadatan, tapi merupakan implementasi dari fungsi dan tanggungjawab lembaga masjid dalam bidang pendidikan dan pembinaan generasi muda yang Islami serta kesejahteraan sosial.  ”Selain menyediakan makanan bagi para jamaah shalat Jumat, kami juga menyelenggarakan kajian Islam Ahad Subuh (KIAS) dengan materi meliputi hadist Arbain, tafsir Alqur’an, aqidah dan mu’amalah serta tafsir fiqih konteporer. Alhamdulillah program tersebut mendapat respon positif dari masyarakat”, pungkasnya.(napi)


Post A Comment: