Foto ilustrasi.ist

Jakarta (Pikiran Lampung
) - Pemerintah terus menggenjot Sektor ekonomi menengah. Kabar baik untuk para pelaku usaha kecil menengah, pemerintah akan kembali memberikan siraman bantuan langsung tunai sebesar Rp2,4 juta.

Bertalian dengan itu, Kemenkop-UKM tengah menyiapkan stimulus tahun 2021 untuk membangkitkan UMKM di tengah pandemi Covid-19 agar berdampak pada perekonomian Indonesia. Salah satu stimulus yang disiapkan adalah BLT UMKM.

BLT UMKM tahun lalu sudah berakhir dengan penyerapan 100%. BLT UMKM atau Banpres produktif usaha mikro (BPUM) sebesar Rp2,4 juta.BLT umkm telah tersalurkan 100% dengan total nilai Rp28,8 triliun. Bantuan ini diberikan sebesar Rp2,4 juta per pelaku usaha mikro, dan targetnya sebanyak 12 juta penerima.

Selain BLT UMKM, stimulus lainnya antara lain berupa subsidi bunga KUR dan Non-KUR, KUR Super Mikro, modal kerja koperasi melalui LPDB.

“Untuk meningkatkan pembiayaan formal, Kemenkop-UKM bersama Bank Indonesia, perbankan, dan seluruh lembaga pembiayaan akan terus meningkatkan literasi keuangan UMKM, mengupayakan pembiayaan yang efektif meningkatkan skala UMKM sesuai amanat UU Cipta Kerja,“ ujar Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki di Jakarta, Jumat (26/2/2021).

UMKM merupakan sektor penggerak utama perekonomian Indonesia. Karenanya pemulihan ekonomi nasional, perlu berangkat dari pemulihan sektor UMKM.

Berdasarkan data Kemenkop-UKM tahun 2018, populasi UMKM mendominasi hingga 99% unit usaha, menyerap 97% tenaga kerja, dan berkontribusi 61,1% terhadap produk domesti bruto (PDB).(okz/PL)

Post A Comment: