Lokasi pemasangan Banner ucapan Idul Fitri yang kini telah dikosongkan. Foto Bas/Pikiran Lampung

Lamsel (Pikiran Lampung)-
Soal adanya pemasangan spanduk atau banner ucapan Idul Fitri dari tokoh masyarakat di Desa Tanjung Baru, Kecamatan Merbau Mataram, Kabupaten Lampung Selatan, ditanggapi sikap arif oleh warga setempat. Sebab, walaupun ada bakal calon kades di banner tersebut serta terpasang di depan rumah salah satu panitia Pilkades, namun saat ini belum.memasuki tahapan Pilkades. "Kalau menurut saya ga ada masalah mas, kan saat ini belum Pilkades dan itu juga ucapan idul Fitri bukan ajakan memilih," jelas warga setempat yang enggan namanya ditulis, kemarin. Soal banner itu terpasang di salah satu rumah panitia Pilkades, menurut warga setempat juga bukan suatu pelanggaran. 

"Kan saat ini masih bakal calon mas, belum calon tetap.Jadi ya menurut kami tidak ada pelanggaran," tegasnya.

Terpisah, Nasir, salah satu Panitia Pemilihan Kepala Desa ( Pilkades ) Tanjung Baru Kecamatan Merbau Mataram Lampung Selatan, membantah jika pihak panitia Pilkades 'miring Sebelah' atau mendukung salah satu calon.

Menurutnya, banner yang terpasang itu merupakan ucapan Hari Raya Idul Fitri dari Tokoh masyarakat dan bakal calon Kades. " Pemasangan banner itu sebelum saya menjadi panitia Pilkades. Selain itu pemasangan banner tersebut bukan d ihalaman rumah saya,  akan tetapi berada di perbatasan antara jalan dan depan rumah saya,"ungkap Nasir kepada media ini,  Sabtu, (29/5/2021).

Lanjut Nasir, saat pemasangan banner tersebut dia tidak tahu kapan. "Karena Hari Raya Idul Fitri sudah selesai, ya selesai juga pemasangannya. Dan saya juga paham akan peraturannya karena saya juga panitia,"ujarnya. 

Dia juga membantah, jika pemasangan banner tersebut atas inisiatif dirinya pribadi atau wujud dari keberpihakan dirinya kepada salah satu calon. " Salah besar dan sungguh fitnah yang keji jika ada yang mengatakan saya berpihak.ke salah satu calon," tegasnya. 

Menurut Nasir, semua calon akan diberikan ruang dan waktu yang sama durasinya untuk bersosialisasi. " Silahkan untuk semua calon kalau ingin bersosialisasi, tentu gunakan cara yang santun serta tidak menggangu ketertiban warga Tanjung Baru," pungkasnya. (Wan)

Post A Comment: