Pringsewu (Pikiran Lampung )-
Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah dalam mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 khususnya varian Omicron.  Beberapa diantaranya dengan melaksanakan vaksinasi, operasi yustisi dan menyiapkan rumah isolasi terpusat (Isoter).

Hal tersebut disampaikan Kabag Ops Polres Pringsewu Kompol Martono, SH, MH saat meninjau kegiatan vaksinasi khusus anak usia 6-11 tahun di SDN 1 Fajar Agung Kecamatan Pringsewu, Lampung. Pada Jumat (11/2/22) siang

"Pemerintah tidak berharap lonjakan kasus Covid-19 terjadi di Pringsewu, namun demikian beberapa langkah antisipasi telah dilakukan," ujar Kompol Martono, SH, MH di lokasi vaksinasi

Lanjutnya, beberapa langkah yang telah dilaksanakan, antara lain dengan meningkatkan kegiatan vaksinasi terhadap warga yang rentan terinfeksi khususnya anak usia 6 -11 tahun dan lansia.

"Vaksinasi meliputi dosis satu, dosis dua dan booster atau dosis ketiga bagi yang sudah 6 bulan menjalani vaksinasi dosis kedua," jelasnya.

Disampaikan Martono, Berdasarkan data yang dihimpun, saat ini capaian vaksinasi dosis pertama di kabupaten Pringsewu sudah mencapai 84,56 persen atau 253.109 orang, dosis kedua 57,94 persen atau 173.493 prang dan dosis ketiga baru 1,94 persen atau 5.808 orang.

"Sedangkan khusus anak dari total 41.181 orang sasaran, telah tercapai 29.619 orang atau 71.92 persen, sedangkan lansia dari total 31.652 orang telah tercapai 21.368 orang atau 65,43 persen," terangnya

Disampaikan Martono, selain vaksinasi pihaknya juga mengintensifkan kegiatan operasi yustisi pendisiplinan protokol kesehatan bersama unsur TNI dan Satpol-PP.

"Seluruh tempat hiburan, cafe, destinasi wisata juga telah kita datangi dan berikan imbauan untuk turut mematuhi kebijakan PPKM sesuai  instruksi gubernur Lampung nomor 4 tanggal 7 Februari 2022 tentang penerapan PPKM level-2,"ungkapnya 


Apabila dengan langkah tersebut belum maksimal dalam menahan lonjakan Covid, Dikatakan Martono, pemerintah telah menyiapkan ruang isolasi terpusat (Isoter), yang bisa digunakan warga yang terkonfirmasi untuk menjalani isolasi dengan pendampingan dari tenaga medis.


"Selain Isoter, terdapat 6 rumah sakit di Pringsewu yang siap menampung / merawat warga  yang terpapar Covid-19 yaitu RSUD Pringsewu, RS Darurat Covid (RSUD Lama), RS Mitra Husada, RS Surya Asih, RS Wismarini dan RS Harapan Bunda," tuturnya.

Guna mencegah terjadinya lonjakan Covid-19, Martono mengimbau agar masyarakat tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, mengurangi mobilitas dan segera mengikuti vaksinasi.

"Potensi penularan tetap ada, namun bisa dicegah apabila masyarakat bisa disiplin dalam menerapkan prokes, tidak bepergian dan mengikuti vaksinasi." Tandasnya,(Supri)

Post A Comment: