Bandarlampung (Pikiran Lampung
) - Usaha keras jajaran Satreskrim Polresta Bandarlampung untuk menangkap pelaku curanmor, membuahkan Basil. 

Dimana, terduga pelaku spesialis pencuri motor, Agus Firnanda Kurniawan (24), warga Gunungsugih Besar, Sekampungudik, Lampung Timur, rubuh ditembak Tim Resmob Sat Reskrim Polres Kota Bandar Lampung, di wilayah Jatiagung, Lampung Selatan, sekitar 50 meter sebelum tugu pasar, Kamis (24/3/2022) lalu sekira pukul 16.00.

Agus roboh dan tewas setelah dua peluru bersarang di perut dan pelipis kanan. Menurut petugas pelaku terpaksa dilakukan tindakan tegas, karena melakukan perlawanan dan sempat melepas tembakan ke arah polisi. Polresta Bandar Lampung mencatat pelaku telah beraksi dengan menggunakan senjata api jensi pistol rakitan sekitar 30 kali di wilayah Bandar Lampung.


Kasatreskrim Polresta Bandarlampung, Kompol Devi Sujana mengatakan sebelumnya perintiwa penembakan, tersangka sempat beraksi di Tango Hostel Jalan Sultan Agung, Wayhalim, Kamis 24 Maret 2022 sekira pukul 15.10 WIB. Namun pelaku dipergoki warga sekitar dan berhasil lolos setelah menakut-nakuti masyarakat dengan mengacungkan senjata api. “Dari ciri-ciri sejumlah saksi dan rekaman CCTV, itu pelaku pencurian kendaraan bermotor yang sudah sering beraksi,” katanya, Sabtu (26/3/2022). 

Kemudian, sekitar pukul 16.30 WIB, tersangka kembali beraksi di Kafe Sugarnish, Jalan Panglima Polim, Segalamider, Tanjungkarang Barat (TkB). “Dilokasi itu, pelaku berhasil mengambil motor Honda Scoopy nomor polisi BE-2652-GP millik mahasiswi Unila, bernama Putri Siabulan Sabita (19),” kata Devi.

Setelah itu, kata Devi, tersangka kabur ke arah Jatiagung. Polisi yang sedang patroli mendengar dan mendapat laporan kejadian tersebut bergegas memburu tersangka. Aparat berhasil menyusul tersangka di dekat Tugu Pasar Jatiagung dan berusaha menepikannya. “Namun, dia malah menembak dua kali ke arah anggota,” ungkap Devi.

Menurut Devi, tersangka juga terlibat aksi pencurian motor, di Jalan Putri Balau, Kedamaian, Tanjungkarang Timur (TkT). Saat itu tersangka menodongkan pistol pada korban. Namun aksinya gagal karena banyaknya warga di sekitar lokasi. “Jadi pada hari ini, tersangka tiga kali beraksi mencuri sepeda motor. Namun, hanya satu yang berhasil,” ungkap .

Karena perlawanan ini, lanjut Devi, petugas terpaksa balas melepas peluru hingga terjadi baku tembak yang berujung pada tewasnya tersangka. “Saat dilumpuhkan, pistolnya terlempar ke selokan. Karena itu senpi rakitan, silindernya pecah dan pelurunya berhamburan. Ada dua selongsong peluru dan satu amunisi aktif yang ditemukan di lokasi,” ujar Devi.

Jarak antara pelaku dengan polisi hanya sekitar 10 meter. Tidak ada anggota polisi yang terluka. Sementara tersangka roboh dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Lampung. (tim)

Post A Comment: