Tanggamus- Kodim 0424 Tanggamus laksanakan Upacara penutupan TMMD di Lapangan Sailing Pekon Argopeni Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus, Selasa (13/11).

Upacara penutupan TMMD ke 103 Kodim 0424 Tanggamus dengan mengusung tema "TNI Manunggal Rakyat Dalam Mewujudkan Desa Yang Maju, Sejahtera Dan Demokratis" itu berjalan tertib, aman dan hikmat.

Dalam laporan Ketua Satgas TMMD di Tanggamus, Komandan Kodim 0424 Tanggamus Letkol Arh Anang Hasto Utomo menyampaikan, TMMD Ke 103 Tahun 2018 wilayah Kodim 0424/Tanggamus berlangsung selama 30 hari, yakni dari tanggal 15 Oktober 2018 hingga 14 November 2018 dengan 2 sasaran tugas.

"Pertama, kegiatan pembangunan fisik, adalah kegiatan yang berkaitan dengan pembangunan sarana dan prasarana yang menyentuh kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Lalu yang ke dua kegiatan non fisik, yaitu kegiatan yang berkaitan dengan pembinaan mental spiritual atau kejuangan guna menumbuhkan kesadaran masyarakat," kata Anang Hasto Utomo.

Selanjutnya Letkol Arh Anang Hasto Utomo memaparkan rincian kegiatan TMMD yang telah dilaksanakan oleh Satgas TMMD selama kegiatan tersebut berlangsung dan sudah selesai.

"Ada 6 jenis pekerjaan fisik, yakni Pembangunan dan Perkerasan Badan Jalan dengan Onderlagh dengan ukuran panjang 1211meter dengan lebar 3meter. Pembangunan Jembatan dengan ukuran 6 x 4meter dan tinggi 2meter. Pembangunan 9 unit Gorong-gorong Buis beton. Lalu pembangunan 1 unit Gorong-gorong Plat Decker 4metet x lebar 1meter. Kemudian normalisasi badan jalan sepanjang 680meter x lebar 3meter, serta pembukaan Badan Jalan dengan panjang 460meter x lebar 3meter," terangnya. 

Selain itu, lanjut Dandim, berbagai kegiatan non fisik juga telah direalisasikan dan diselesaikan dalam mengisi kegiatan TMMD tahun 2018 ini. Yakni kegiatan yang berkaitan dengan pembinaan mental spiritual atau kejuangan guna menumbuhkan kesadaran masyarakat, di Pekon Argopeni Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus. 

"Meliputi, pelayanan pengobatan gratis, pelayanan KB dan kesehatan, penyuluhan Kesadaran Hukum dan Kamtibmas, penyuluhan Bela Negara, penyuluhan Bahaya Narkoba, penyuluhan tentang Wawasan Kebangsaan, kegiatan Kemah Bakti Pramuka, pemutaran Film Penerimaan Prajurit TNI, penyuluhan Perternakan dan Perkebunan, lomba Lukis Tingkat TK dan SD, pelayanan KTP anak, Akte dan KTP Elektronik, pasar murah, pelayanan Sim C dan Sim E, memberikan bantuan mesin jahit, dan memberikan bantuan alat Olah Raga," papar Dandim 0424.

Sementara itu, dalam arahan Inspektur Upacara, Brigjen Syafrial PSC. M. TR. Han mengatakan, pelaksanaan upacara penutupan TMMD ini dilaksanakan serentak disuluruh Indonesia. 

"Saya patut berbangga kepada Penyelenggaraan TMMD ke-103 di Pekon Argopeni Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus ini yang telah mencapai sasaran 100 persen dan Overprestasi," ungkapnya.

Kasdam mengatakan, pencapain tersebut tentunya berkat dukungan dan kerjasama oleh semua pihak baik TNI, POLRI, Pemerintah Daerah serta Masyarakat.

"Hal ini tentunya patut kita syukuri, perlu diketahui bahwa sebelum pelaksanaan TMMD ini kami selaku Pimpinan sudah terlebih dahulu mengumpulkan Jajaran Dandim yang mendapat alokasi TMMD," terangnya.

Terkait itu, Kata Kasdam II/SWJ, pertanggung jawaban amanah  Rakyat yang telah diberikan kepada kita harus dipertanggung jawabkan secara jelas. 

"Kedepan apabila masih ada pekerjaan yang perlu dituntaskan masih bisa dikerjakan secara gotong royong Pemerintah Daerah bisa berkoordinasi dengan Kodim dengan melaksanakan Karya Bhakti," harapnya.

Lebih lanjut Kasdam II/SWJ Brigjen Syafrial PSC. M. TR. Han menyampaikan ungkapan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya kegiatan TMMD ke-103 tahun 2018 yang dilaksanakan oleh Satgas TMMD Kodim 0424 di Kabupaten Tanggamus.

"Sekali lagi saya ucapkan terimakasih kepada Kodim 0424 Tanggamus beserta Pemerintah Daerah dan Jajarannya serta masyarkat yang telah ikhlas menghibahkan tanahnya untuk pembangunan TMMD ini, dan atas prestasi yang telah dicapai semoga bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat," pungkasnya. 

Turut hadir dalam upacara penutupan TMMD tersebut yakni, Kolonel Kav Erwin Djatniko S.SOS (Danrem 043/Gatam), Kolonel Mar. Hendra (LO), Kombes Prabowo S. (Dirpampbit Polda Lampung), Mayor L. Hakim ( Mewakili DanLanud), Kadis Sosial Prov. Lampung) Kepala BKKBN Prov. Lampung), Hj.Dewi Handajani SE.MM (Bupati Tanggamus), HM. Syafi'i S.Ag (Wakil Bupati Tanggamus), Letkol Inf Dhebok Sumantoko (Pabandya Wanwil Sterdam II/Swj), Letkol Zeni Burhanudin (Dandim 0411/Lampung Tengah) Mayor Inf Agus S. (Kasdim Mewakili Dandim 0422/Lampung Barat), AKBP I Made Rasma (Kapolres Tanggamus), Letkol Inf Sahnun (Kasiter Korem 043/Gatam), Drs. Hamid Heriansyah Lubis, S.STP, MM (Plt. Sekdakab Tanggamus), Drs. H.Firman Ranie (Asisten III Bidang Administrasi Kab.Tanggamus), Mayor Inf Suhada Erwin (Kasdim 0424/Tanggamus), Mayor Czi Ganda Tariyus S. Sos (Pabung 0424/Tanggamus), Perwakilan Para Kabalak Rem 043/Gatam,  Para Perwira staf Kodim 0424/Tanggamus, Para Danramil Jajaran Kodim 0424/Tgm, Para Kapolsek Jajaran Polres Tanggamus, Maraden (Senior Supervisor PGE Ulubelu), Camat dan Kepala Pekon se Kabupaten Tanggamus serta ratusan Undangan. (Agus).

Post A Comment: