Tanggamus--Direktorat Jenderal Kabudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjend Kemendikbud) Republik Indonesia secara resmi menyerahkan hibah mobil bioskop keliling (Bioling) kepada Pemkab Tanggamus dalam hal ini Dinas Kebudayaan (DK) Tanggamus.

Serah terima langsung dihadiri oleh Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, Wakil Bupati Tanggamus H. A. M. Syafei, dan Kepala DK Tanggamus Gandung Hartadi.

"Saya berterimakasih atas bantuan hibah Bioling dari Dirjend Kemendikbud kepada Pemkab Tanggamus. Tentunya dengan adanya bioling ini, bisa bermanfaat dan menunjang kinerja serta program Pemkab khususnya Dinas Kebudayaan dalam melestarikan dan mempromosikan kearifan lokal melalui seni sinematografi," ujar Bupati Tanggamus seusai menandatangani penerimaan hibah bioling dihalaman kantor Pemkab setempat.

Sementara itu Kepala DK Tanggamus Gandung Hartadi mengatakan, sebenarnya untuk unitnya sendiri sudah ada sejak lama di DK Tanggamus. Hanya saja baru diserah terimakan hibah dari Dirjend Kemendikbud baru ini. Jumlah hibah biolingnya hanya satu (1) unit.

"Alhamdulillah sudah sah dan langsung diterima oleh Bupati Tanggamus. Dengan adanya bioling ini, kita dapat memobilisasi program bupati yakni Bude syari dan 55 program aksi asik," kata Gandung. Senin (5/11/2018).

Bioling ini sendiri, lanjut Gandung, akan dipergunakan untuk mempromosikan kebudayaan lokal dalam sebuah tayangan film pendek. Dengan demikian, kebudayaan serta kearifan lokal khususnya Bumi Begawi Jejama bisa dikenal oleh masyarakat luas. Dan kedepannya bioling ini juga bisa dipergunakan untuk para sineas perfilman yang ada di kabupaten ini untuk menunjukan karya karyanya dimasyarakat.

"Ini juga salah satu langkah untuk memajukan dan mendukung para sineas muda dibidang perfilman yang ada di kabupaten ini. Mudah mudahan bantuan ini bermanfaat bagi kita semua," pungkasnya.(Yusuf/Agus)

Post A Comment: