Tanggamus(Pikiran Lampung)- Keterbukaan informasi dalam realisasi Dana Desa (DD) dirasa cukup penting bagi masyarakat.

Sebab, meskipun pengerjaannya berada di tengah-tengah masyarakat Pekon setempat, namun belum tentu setiap masyarakat itu tahu dan mengerti apa saja dan berapa saja yang digunakan untuk pembangunan di Pekon tersebut.

Bagi PJ Kakon yang notabene Aparatur Sipil Negara (ASN) sudah barang tentu harus dapat memberikan contoh yang baik kepada  masyarakat maupun Kepala Pekon selanjutnya, dalam  tata cara pengolahan realisasi DD dan ADD dengan cara membuka informasi seluas-luasnya ke masyarakat.

Diharapkan dengan cara yang memang telah diatur dalam UU Desa sebagai bentuk transparansi penggunaan dana tersebut benar-benar dijalankan sesuai peruntukannya.

Menyadari hal itu, PJ Kakon Pardasuka Kecamatan Wonosobo Kabupaten Tanggamus, mengajak seluruh masyarakat di Pekon tersebut untuk sama-sama mengawasi dan ikut andil dalam pembangunan pekon tersebut.

Saat dijumpai di kediamannya, PJ Kakon Pardasuka Ilyas mengaku, pada saat ini di Pekon tersebut sedang melaksanakan pembangunan irigasi dan pemasangan rangka baja untuk Kantor Pekon.

"Dalam pelaksanaannya melibatkan warga Pekon Pardasuka itu sendiri, agar kualitas pembangunan itu baik, karena manfaatnya mereka sendiri yang akan menikmatinya," kata Ilyas, Sabtu (10/8/2019).

PJ Kakon Pardasuka ini mengungkapkan, harapan dari pemerintah, anggaran yang di kucurkan melalui APBN untuk pembangunan Pekon tersebut agar tepat guna atau tepat sasaran.

"Jadi kita sebagai PJ Kakon yang sifatnya hanya sementara ini, punya kewajiban untuk memberikan contoh yang baik ke masyarakat sesuai apa yang telah diatur oleh Pemerintah Pusat maupun Daerah sesuai tupoksinya," ujar Ilyas.

Selanjutnya Ilyas berharap, agar semua masyarakat Pekon Pardasuka khususnya, dapat bersatu bergandengan tangan, serta memberi motipasi dan masukan yang sifat nya membangun.

"Agar masyarakat Pekon Pardasuka ini bisa sama-sama merasakan manfaat pembangunan, dan lebih sejahtera baik di bidang pembangunan, pemberdayaan dan perekonomian," ungkapnya.

Lebih lanjut PJ Kakon Pardasuka ini menekankan, upaya untuk mencapai semua keberhasilan itu tentu tidaklah mudah dan yang paling penting adalah dukungan dari masyarakat.

"Untuk itu saya berharap kepada seluruh lapisan masyarakat di Pekon Pardasuka ini, untuk mencapai keinginan itu, kita butuh kejujuran, pemikiran, tenaga, dan kerja keras. Sebab saya ingin Pekon Pardasuka ini bisa menjadi percontohan bagi yang lain," harapnya. (Masri/Ryan).

Post A Comment: