Tubaba (Pikiran Lampung) - Sebanyak 35 santri Pondok Pesantren Darussalam Blokagung, Banyuwangi Jawa Timur asal  Tulang Bawang Barat mudik ke kampung halaman. Mereka menjalani screening mengantisipasi penyebaran virus corona saat tiba di RSUD Tubaba.

Puluhan santri itu mudik menumpang bus, Minggu sore, 05 April 2020. Mereka langsung disambut petugas Gugus Tugas Covid-19 di halaman RSUD Tubaba. Selanjutnya, pemeriksaan dan sterilisasi kesehatan, serta pendataan identitas

Sebelum pulang ke rumah masing-masing bersama keluarga yang menjemput, satu per satu dari mereka diminta  sterilisasi‎ yang sudah disediakan. Mereka juga diperiksa suhu tubuhnya menggunakan thermo gun dan disemprot menggunakan cairan disinfektan berikut barang-barang yang dibawa.

Selain itu, petugas Gugus Tugas yang berasal dari Banser, Dinas Perhubungan, Polri dan TNI juga melakukan pendataan untuk mengantisipasi jika ada santri yang mengalami gejala mengarah infeksi virus corona.

Corcap Banser Tubaba Zainal Abidin mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam upaya mencegah penyebaran Virus Corona yang menjadi wabah saat ini.

Zainal menambahkan, para santri juga diberikan penjelasan agar tetap menjaga jarak aman atau physical distancing. Mereka juga diminta untuk menjaga kebersihan lingkungan, mencuci tangan pakai air atau hand sanitizer serta memakai masker saat beraktivitas.

"Para santri juga diharapkan agar tidak berkontak fisik dengan keluarga dir rumah tidak keluar rumah dan isolasi diri selama 14 hari. Juga jauhi dari kerumunan orang," jelasnya.

Dalam pemeriksaan itu, petugas tidak menemukan suhu tubuh santri di atas ketentuan. Semua santri dinyatakan masih dalam kondisi normal.( Muhtar )

Post A Comment: