Bandarlampung (Pikiran Lampung)-Kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Lampung yang meninggal bertambah tiga orang. Hingga hari ini   total yang meninggal 47 orang, Rabu (14/10/2020).

"Tiga pasien meninggal tersebut berasal dari kota Bandar Lampung. Pemulasaran Jenazah dilakukan rengan secara protokol Covid-19," kata juru bicara posko satuan tugas penanganan Covid-19 Provinsi Lampung, Reihana, saat memberikan keterangan, Rabu (14/10/2020).

Dijelaskan, pasien meninggal yaitu pasien nomor 1.181 usia 61 tahun seorang laki-laki.

Sebelumnya pasien ini mengeluh diare, mual, lemas serta tidak ada nafsu makan. 

Selanjutnya pada 9 Oktober 2020 pasien menjalani pemeriksaan rapid tes di rumah sakit swasta di Bandar Lampung dengan hasil reaktif dan pasien langsung dilakukan pengambilan swab dengan hasil positif Covid-19.

Lalu pada 11 Oktober 2020 sore, pasien mengalami perburukan dan pukul 17.05 WIB  yang bersangkutan dinyatakan meninggal dunia oleh tim medis. 

Selanjutnya, pasien nomor 1.188 usia 61 tahun seorang laki-laki. 

Kronologisnya, pasien tersebut mengeluh demam selama 5 hari dan juga disertai sesak nafas selama 1 minggu dan lemas. 

Setelah dilakukan pemeriksaan rontgen dengan hasil pneumonia di kedua paru dan dilakukan rapid tes dengan hasil reaktif. Kemudian pasien langsung dilakukan pengambilan swab dengan hasil positif Covid-19.

"Lalu pada 11 Oktober 2020 pasien mengalami perburukan kesehatan dan pada pukul 8.00 WIB pasien dinyatakan telah meninggal dunia," terangnya.

Selanjutnya, pasien nomor 997 usia 44 tahun seorang perempuan.

Pasien ini sebelumnya datang ke rumah sakit dengan keluhan demam, batuk dan pilek selama 7 hari. Dilakukan pemeriksaan rapid test dengan hasil reaktif dan dilanjutkan dengan swab hasilnya positif Covid-19.

"Pada 13 Oktober malam pasien mengalami perburukan kesehatan dan tanggal 14 Oktober pada pukul 6.00 WIB pasien dinyatakan meninggal dunia," tutupnya," jelasnya.

Selain itu, Reihana juga menjelaskan penambahan sebanyak 33 pasien terpapar Covid-19.

Dimana sebanyak 33 pasien tersebut, khusus di Bandar Lampung berjumlah 21 Kasus, kemudian dari Lampung Tengah, Lampung Utara dan Tanggamus tiga kasus, dan Kabupaten Lampung Selatan, Tulang Bawang dan Pringsewu masing-masing satu kasus.

"Dengan tambahan 33 kasus ini, total akumulasi pasien Covid-19 di Lampung berjumlah 1.204," katanya.

Reihana juga mengatakan, dari 33 pasien bertambah sebanyak 16 orang merupakan kasus baru dan 17 orang merupakan hasil tracing. 

Lalu sebanyak 10 orang yang menjalani perawatan di ruang isolasi dan 23 lainnya menjalani isolasi mandiri.

Selain bertambah, Reihana juga menjelaskan pasien yang selesai diisolasi atau pasien sembuh

" Yang selesai menjalani isolasi juga ada sembilan orang. Dari sembilan orang itu berasal dari Bandar Lampung empat orang,Lampung Utara tiga orang, Pringsewu dan Lampung Barat masing-masing satu orang," jelasnya (San)

Post A Comment: