Bandarlampung (Pikiran Lampung)-Kementerian Kesehatan menyalurkan bantuan vaksin Covid-19 untuk provinsi Lampung melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan atau Badan Litbangkes.

Kepala Dinas kesehatan Provinsi Lampung, Reihana mengatakan, untuk di provinsi Lampung, total sasaran penerima vaksin Covid-19 mencapai empat juta orang.

"Untuk jumlah sasaran penerima vaksin Covid-19 di Lampung, totalnya sebanyak 4.988.624 orang,"jelasnya, kemarin.

Dari empat juta vaksin Covid-19 tersebut akan didistribusikan untuk petugas pelayanan kesehatan dan juga untuk pelayanan publik.

Rinciannya terdiri dari, tenaga kesehatan dan petugas pendukung fasilitas pelayanan dan kesehatan  sebanyak 22.141 orang dan penerima bantuan iuran 2.862.051 orang.

Kemudian untuk petugas pelayanan publik sebanayk 475.372 orang,  masyarakatdan pelaku ekonomi sebanyak 1.629.600 orang.

"Jadi ini sudah dihitung dan inilah yang akan dilakukan vaksinasi," kata Reihana.

Untuk pelaksanaan uji coba vaksin Covid-19 yang sudah dilaksanakan melalui dokter Imansyah dari pihak Litbangkes 

"Hari ini baru datang, kalau tidak salah diminta 78 orang untuk ujicoba vaksin itu. Terutama yang mau di vaksin tenaga kesehatan, penjaga kereta api, TNI Polri, namun hasilnya belum bisa dijelaskan," jelasnya.

Menurut Reihana, teknis pelaksanaan adanya vaksin Covid-19 ini berdasarkan regulasi peraturan presiden nomor 99 tahun 2020 tentang pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi dalam penanggulangan pandemi covid-19. 

"Ini berdasarkan Perpres nomor 99 tahun 2020 tentang pengadaan vaksin. Teknis pelaksanaannya akan dilakukan SDM yakni, perawat, bidan dan dokter,"  terang Reihana (San)







Post A Comment: