Lamtim (Pikiran Lampung
)– Bupati Lampung Timur M Dawam Rahardjo kembali meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE). Sebelumnya Bumei Tuwah Bepadan julukan nama daerah ini, juara satu lomba Teknologi Tepat Guna Nasional (TTGN) XXII dengan kategori "Inovasi Teknologi Tepat guna" dengan judul  "Sistem Pengolahan Diversifikasi Produk Berbasis Maggot". 

Diketahui Kementeriaan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI telah menyelesaikan evaluasi pelaksanaan strategi pengarusutamaan gender (PUG) di Kementerian/Lembaga (K/L) dan pemerintah daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota, serta telah ditetapkan penerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021.

Pemberian penghargaan tersebut berdasarkan surat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Nomor 72/Men/D.KG/KG.05/9/2021 tanggal 21 September 2021, perihal pemberitahuan pemberian penghargaan APE Tahun 2020. 

Dawam menyatakan jika penghargaan semacam ini merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak serta memenuhi kebutuhan anak.


“(APE) merupakan penghargaan yang diberikan kepada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender dalam pelaksanaan strategi pengarusutaamaan gender (PUG),” ujar Dawam.

Menurut Dawam, peningkatan ini merupahkan bukti nyata bahwa pemerintah daerah memiliki komitman yang kuat untuk melaksanakan PUG didaerah, meskipun masih banyak permasalahan yang harus diselesaikan dalam pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. di Provinsi Lampung maupun di kabupaten/kota.

“Kita pemda dari tahun ke tahun berusaha terus membenahi dan melaksanakan kebijakan pemerintah pusat sampai ketingkat kabupaten/kota, kecamatan bahkan sampai ketingkat desa dengan mewujudkan komitmen pelaksanaan pengarusutamaan gender tersebut,” ujarnya.

Terbukti atas usaha pemerintah daerah beserta stakeholder terkait. penghargaan APE tahun 2018 kita memperoleh kategori pratama, sedangkan tahun 2020 memperoleh peningkatan menjadi kategori Madya.

“Jadi meningkat jadi kategori madya, dan alhamdulilah atas peningkatan itu,” kata dia.

Adapun Acara Puncak Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 akan dilaksanakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI pada tanggal 13 Oktopber 2021 secara virtual (daring).

Berikut adalah daftar penerima penghargaan APE 2021 :

APE Kategori Utama : Pemerintah Provinsi Lampung.

APE Kategori Madya :

1. Kabupaten Lampung Timur

2. Kabupaten Lampung Selatan

3. Kabupaten Lampung Tengah

4. Kota Bandarlampung

5. Kota Metro

APE Kategori PRATAMA :

1. Kabupaten Tulang Bawang

2. Kabupaten Way Kanan

3. Kabupaten Pringsewu

4. Kabupaten Tanggamus

5. Kabupaten Pesawaran

6. Kabupaten Lampung Barat

7. Kabupaten Mesuji

8. Kabupaten Lampung Utara

9. Kabupaten Pesisir Barat

(Kominfo /Maji)

Post A Comment: