BI Provinsi Lampung Budiharto Setyawan saat menyampaikan materi Kebangksentralan. Foto Vera Afrianti/Pikiran Lampung


Lamsel (Pikiran Lampung)
- Kantor Perwakilan (KPW) Bank Indonesia (BI) Provinsi Lampung menyebutkan ada tujuh peran penting yang dipegang teguh oleh Bank Indonesia.

"Peran penting yang dipegang erat oleh Bank Indonesia ada tujuh," kata Kepala KPW BI Provinsi Lampung Budiharto Setyawan di Grand Elty Lampung Selatan, Sabtu (9/10).

Tujuh peran penting tersebut yakni pertama melaksanakan penyusunan asesmen ekonomi dan keuangan daerah serta kegiatan advisory kepada kepala daerah.

"Ini dilakukan dalam rangka mendukung pengendalian inflasi, serta pengembangan ekonomi dan keuangan daerah," katanya saat sambutan di workshop jurnalistik.

Kedua, melaksanakan pengumpulan data serta statistk ekonomi dan keuangan daerah (SEKDA) dalam rangka mendukung pengambilan keputusan dan kebijakan di kantor pusat maupun daerah.

"Ketiga BI melakukan pengembangan UMKM dan keuangan inklusif termasuk pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Lalu keempat melaksanakan komunikasi kebijakan BI,"ujarnya.

Kelima melakukan implementasi sistem pembayaran (SP) non tunai dan perluasan program elektronifikasi pembayaran di daerah.

Kemudian yang keenam melakukan perizinan dan pengawasan sistem pembayaran pengelolaan uang rupiah (SP-PUR) serta perlindungan konsumen BI.

"Dan yang terakhir atau ketujuh BI dapat melakukan pengelolaan uang rupiah (PUR), meliputi perencanaan, pendistribusian, pengelolaan uang, dan layanan kas," tutup Budiharto. (Vei) 




Post A Comment: