Lamteng ( Pikiran Lampung
) - Bagi pengendara atau pemudik yang tidak ingin terjebak di jalur lintas tengah Sumatera (Jalinsum) ada baiknya menempuh dua jalan alternatif. 

Yakni, jalur lingkar tengah mulai dari Desa Aji Kagungan, Kecamatan Abung Kunang hingga keluar di Kota Gunung Sugih Lampung Tengah. Dengan Rute, Desa Aji Kagungan, Pekurun, Selagai Lingga dan melewati Kecamatan Padang Ratu hingga nanti pengendara bisa keluar di Kecamatan atau Kota Gunung Sugih, Lampung Tengah.  Dari infornasi yang diperoleh Pikiran Lampung, jalur ini relatif aman dan kondisi jalanya baik. Namun pengendara tetap perlu berhati-hati, karena di beberapa titik terdapat jalan yang rusak dan berlubang. 

Untuk jalur ke dua, pemudik bisa melewati rute lingkar timur jalan Provinsi, yang menghubungkan Kotabumi Lampung Utara hingga Gunung Batin Kecamatan Terusan Nunyai, Lampung Tengah melalui Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba). Dengan rute, dari Kotabumi pemudik bisa mengambil rure jalan Abung Raya Timur atau Abarati, melalui Tata Karya, Daya Murni Kabupaten Tubaba hingga Kampung Gunung Batin Lampung Tengah. Di Kampung Gunung Batin, pengendara bisa langsung ambil jalur jalan tol. Atau bisa melalui jalur Lintas Timur lalu ambil jalur ke arah Sukadana Lampung Timur. 


Dari pantauan tim Pikiran Lampung, jalur ini lumayan lancar, namun pengendara tetap harus berhati -hati. Karena di beberapa titik kondisi jalan jalur ini rusak berat dan berlubang. Namun secara umum jalur ini masih layak dilalui oleh semua kendaraan. 

" Untuk jalur mulai dari jalur Way Kunang hingga selagai dalam kondisi bisa dilalui dan aman, " ujar Adi, salah satu pemudik yang akan ke Bandarlampung, Kamis (5/5/2022). Menurutnya pengendara hanya perlu berhati hati di titik perbatasan antara Lampung Utara dan Lampung Tengah. Karena di jalur itu terdapat titik halan yang rusak parah. 

Untuk diketahui, suasana jalur Lintas Tengah Sumatera (Jalinsum) Terbanggi-Kotabumi terlihat mengalami kemacetan yang cukup parah hingga mencapai 5 kilometer. Mulai dari hari Selasa hingga malam ini Kamis (5/5)

Dari pantauan Tim Pikiran Lampung, Selasa (3/5/2022) lalu, kemacetan mulai dari Poncowati arah ke Kotabumi, sedangkan ke arah Bandarlampung mulai dari Way Kekah, Kecamatan Way Pengubuan Lamteng, Kondisi berlanjut hingga hari ini. Dati Pantauan Tim Pikiran Lampung Kemacetan masih terjadi hingga pukul 19.00 Wib, Kamis (5/5). 


Beberapa pengemudi dan warga yang akan mudik mengaku mulai gelisah. " Iya bang, kami sudah dari satu jam tadi mengalami kemacetan," ujar Ani, salah satu warga yang akan mudik ke Kotabumi Lampung Utara dari arah Bandarlampung. 
Para Pengendara ini khawatir jika kemacetan ini menyebabkan mereka tertunda sampai tujuan dan bermalam di jalan. " Kalau situasinya seperti ini, kami bisa telat ke rumah saudara dan bisa bermalam di jalan ini," ujar Ali, salah seorang pengendara lainnya dengan tujuan Bukit Kemuning. 


Informasi dari beberapa pengendara menyebutkan jika kemacetan terjadi sejak jam 11.00 wib. Titik macet ada di dua tempat, yakni simpang Terbanggi  Arah Menggala, Jalan terminal Betan Subing dan Pintu Tol JTTS Terbanggi Besar. 


Terpantau, kemacetan dan antrian juga terjadi di Gerbang Tol Terbanggi Besar. Beberapa titik lain yang mengalami kemacetan, simpang Punggur Gunung Sugih, Pasar Bandar Jaya dan Simpang Wates.

Post A Comment: