Tanggamus-Meskipun program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke103 tahun 2018 yang dilaksanakan oleh Kodim 0424 Tanggamus terkait pembangunan fisik saat ini sudah mencapai 97persen, namun bukan berarti Satgas TMMD bisa bersantai-santai atau lengah.

Karena selain pembangunan fisik, juga terdapat puluhan daftar kegiatan non fisik yang harus diselesaikan dengan baik, termasuk pengerjaan fisik sasaran tambahan yang telah diprogramkan oleh Kodim 0424 Tanggamus.

Hal itu ditegaskan oleh Komandan Kodim 0424 Tanggamus Letkol Arh Anang Hasto Utomo melalui Pasiter Kapten Adi Hartono saat dijumpai di Posko TMMD di Pekon Argopeni Kecamatan Sumberejo Kabupaten setempat.

"Kegiatan TMMD ini waktunya satu bulan, dan tentunya banyak sekali program yang telah kita siapkan baik fisik maupun non fisik, karena pembangunan itu bukan hanya pada pisik saja, tetapi juga ada pembangunan SDM atau yang kita sebut non pisik," katanya, Selasa (30/10).

Adi Hartono mengungkapkan, memang pengerjaan fisik sesuai Surat Perintah (Sprint) secara garis besar sudah selesai." Tapi, selain kita masih terus melakukan kroscek kerapihan dan kualitas, kita juga banyak sekali program non pisik yang dijadwalkan berkala dan penyesuaian. Seperti yang kita lakukan kemarin pada hari Minggu (28/10/2018) berketepatan pada hari Sumpah Pemuda dan HUT Saka Wira Kartika ke 11, kita melibatkan sebanyak 240 anggota Pramuka binaan Kodim 0424 Tanggamus bergotongroyong membersihkan Masjid dan saluran air di lingkungan penduduk Pekon Argopeni ini," ungkapnya.

Giat non fisik, lanjut Adi Hartono, yang telah dilaksanakan sejak hari pembukaan hingga saat ini sudah belasan agenda, itu berbarengan dengan pengerjaan fisik. Dengan pengaturan jadwal yang disusun sedemikian rupa sehingga seluruh kegiatan itu dapat terlaksana dengan baik dan sukses.

"Kegiatan non fisik yang hingga saat ini masih berlangsung rutin setiap sore hari yaitu turnamen sepak bola yang diikuti oleh 13 tim se-Kecamatan Sumberejo, disamping penyuluhan-penyuluhan kemasyarakat dari berbagai pihak seperti BNN, OPD bahkan dari Kodim 0424 sendiri," ujarnya.

Selanjutnya Adi Hartono mengaku, selain program yang dilaksanakan, masih setumpuk progam non fisik lagi yang masih dalam agenda yang akan datang, diantaranya, dilaksanakan penyuluhan dari BNN untuk kedua kalinya, penyuluhan dari Dinas Peternakan dan Perkebunan dan Dinas Pariwisata Kabupaten Tanggamus.

"Kemudian nanti pada tanggal (6/11/2018) juga akan diadakan penyuluhan dari Dinas Pertanian dan Dinas UKM Tanggamus, kemudian pada hari yang sama juga akan dilaksanakan penyuluhan dari Dinas Kominfo Kabupaten Tanggamus," ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, suksesnya program TMMD ke 103 di Pekon Argopeni ini, tidak terlepas dari peran aktif dan antusias masyarakat dalam memberikan dukungan secara moril maupun materil, tanpa bantuan masyarakat setempat tidaklah mungkin sebegitu banyak program dapat berjalan lancar.

"Kami sangat apresiasi terhadap dukungan masyarakat, Pemerintah Daerah dan semua pihak yang terlibat dalam suksesnya program TMMD di Kabupaten Tanggamus ini, semoga kehadiran kami disini juga memberikan manfaat dan kesan yang baik pula dimata masyarakat," harapnya. (Agus).

Post A Comment: