Tanggamus--Dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Nasional (HAKI) yang diperingati pada 9 Desember 2018. Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanggamus melaksanakan kegiatan lomba Pidato Anti Korupsi yang diikuti oleh perwakilan dari seluruh Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat se-Kabupaten Tanggamus.

Kegiatan yang bertujuan untuk menanamkan nilai moral anti korupsi melalui celotehan pidato para siswa/i ini dipusatkan di aula Kejari setempat dan dihadiri oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tanggamus sebagai dinas yang menaungi pendidikan di Kabupaten bericon bung lumba ini.

Kejari Tanggamus. David P. Duarsa, SH., MH., dalam menjelaskan momentum HAKI merupakan momen yang tepat untuk menyuarakan dan pencegahan korupsi hingga ketingkatan bawah. Dimana korupsi sebagai tindakan penyalahgunaan kekuasaan yang melawan hukum tidak hanya individu ataupun organisasi saja namun dapat merugikan negara, melanggar hak asasi manusia (HAM), mengancam stabilitas dan keamanan masyarakat.

"Dalam kondisi yang lebih ekstrim, korupsi dapat menyebabkan kehancuran ekonomi, penderitaan dan kesengsaraan. Berkaca pada hal tersebut, korupsi sebagai sebuah tindak pidana tentu harus diberantas dengan sungguh-sungguh, korupsi harus menjadi musuh bersama yang membutuhkan extra effort mulai dari aspek pencegahan sampai penindakan," ujar David saat memberikan sambutan.

Sementara itu, Kasi Intel Kejari Tanggamus Rido Rama, SH., MH menambahkan, berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Kejari Tanggamus dalam rangka peringati HAKI  diantaranya melaksanakan penyuluhan hukum yang diikuti oleh aparatur pekon se-Kabupaten Tanggamus, lalu pemasangan dua spanduk besar di dua lokasi strategis, upacara peringati HAKI. "Lalu lomba pidato yang diikuti oleh 20 peserta didik SMA sederajat, pembagian souvenir kepada jajaran Forkompimda dan yang terakhir yakni press Rilis mengenai prestasi kerja yang telah dilaksanakan oleh Kejari Tanggamus," jelasnya.

Rombongan jajaran pejabat penegak hukum yang dipimpin langsung oleh Kejari Tanggamus juga mendatangi Sekretariat Pemkab Tanggamus untuk menyerahkan souvenir berupa kaos, brosur, Pin dan striker, kepada Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani, SE,.MM., Wakil Bupati Tanggamus, Hi. AM. Syafii serta Pj. Sekretaris Daerah Drs. Hamid Heriansyah Lubis, Msi. dengan disaksikan oleh jajaran organisasi perangkat daerah.

Dalam kesempatan tersebut Pj. Sekretaris Daerah Tanggamus Drs. Hamid H. Lubis, menyampaikan, terkait dengan memperingati HAKI, Pemkab Tanggamus terus berkomitmen sesuai dengan budaya yang diciptakan dan harus dimiliki oleh setiap aparatur sipil negara (ASN) di Tanggamus. dan tidak lupa pula dirinya mewakili bupati tanggamus mengucapkan hari Anti korupsi internasional dihadapan kepala kejari tanggamus David P. Duarsa, SH., MH.

"Khususnya dibidang pelayanan. Kita ada budaya ramah amanah tegas dan unggul (RATU) yang digagas oleh Bupati dan wakil Bupati. Dari Amanah itu juga, ada filosofi terkait dengan, bagaimana kita secara bertahap, bersama-sama, bertekad mengikuti aturan yang ada, intinya Pemkab Tanggamus saat ini mengikuti aturan yang ada," pungkasnya.(Yusuf)

Post A Comment: