Lampura (Pikiran Lampung) - Pandemi Corona terus berlangsung di wilayah Provinsi Lampung. Dan angka warga yang positif Covid19 juga terus ke jalur menanjak. Ini harus diwaspadai oleh warga agar tak lengah dan tetap terapkan protokol kesehatan.

Di wilayah Kabupaten Lampung Utara (Lampura), kini kembali mencatat rekor yang tinggi penambahan kasus terkonfirmasi positif covid-19, Senin (3/4/2021).

Dengan total penambahan sebanyak 41 warga yang terpapar corona, angka ini cukup mengkhawatirkan.

Sebab, hingga saat ini Lampura belum dapat melepaskan diri dari predikat zona orange, atau dengan status penyebaran sedang dan satu tingkat di bawah merah.

Menanggapi ini, Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (p2) Dinas Kesehatan Lampura, dr. Dian Mauli mengatakan, dari jumlah itu terdapat 18 di antaranya adalah pelaku perjalanan.

"Sisanya 23 orang adalah hasil tracking dilakukan oleh gugus tugas. Dua puluh orang dengan gejala (suspect), dan 21 lainnya orang tanpa gejala (OTG), "kata Mauli.

Menurutnya, penambahan tersebut terjadi bukan dari mulai berdatangannya para pemudik yang melakukan perjalanan lebih awal ke kampung halamannya. 

Sebab, berdasarkamn pemantauan di poin pos, belum menunjukkan gejala tersebut. Atau masih minim hasilnya dilapangan. 

"Kalau pantauan kami dilapangan, belum ada pendatang khususnya melakukan mudik itu terpapar. Meski, mereka melakukan lebih awal, memang saat ini telah mulai namun tanda-tanda kesehatannya belum ditemukan. Ini khusus mereka pelaku perjalanan yang hilir-mudik keluar daerah, "terangnya.

Berdasarkan data dinas Kesehatan Lampura, total kasus terkonfirmasi positif covid-19 mencapai 1.466 orang dari sebelumnya hanya 1.425 kasus. 

Diantaranya, kata dia, terdapat sebanyak 44 orang meninggal dunia, sehingga menambah total kematian mencapai 51 orang. Empat diantaranya belum diketahui hasil swabtestnya, tapi memiliki gejala serupa.

"Dengan kesembuhan mencapai 1.213 kasus, dari total 1.466 orang terpapar corona, "tambahnya. (Yok)

Post A Comment: