Wakil Bupati dan Ketua DPRD Tanggamus berboncengan motor ketika meninjau kegiatan TMMD. Foto Agus Nurmanto/Pikiran Lampung
Tanggamus-Warga masyarakat Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus berharap program TMMD diadakan lagi di wilayah mereka.

Harapan itu diungkapkan warga kepada Wakil Bupati Tanggamus di hadapan tim Wasev, Ketua DPRD Tanggamus, Dandim 0424 Tanggamus dan pejabat lainya dalam sesi tanya jawab kunjungan Tim Wasev di Balai Pekon Argopeni Kecamatan Sumberejo Kabupaten setempat beberapa waktu lalu.

Pertanyaan pertama yang diajukan perwakilan masyarakat Sujarwo (36) adalah, setelah kegiatan TMMD saat ini selesai, apakah masih ada program TMMD lagi kedepannya.

"Karena kami yakin dengan pekerjaan yang dilaksanakan oleh TNI, dari kualitas dan rentang waktu pengerjaan, ditambah lagi masih ada satu jalan lagi yang kami harap bisa ditembuskan," katanya pada (8/11/2018) yang lalu dihadapan puluhan masyarakat setempat.

Lalu M Fauzi (45) warga Pekon Argopeni, selain pertanyaan yang sama dengan yang dilontarkan Sujarwo, dirinya berharap agar semua pekerjaan dari program TMMD ke 103 ini untuk tetap diawasi oleh prajurit TNI khususnya Kodim 0424 Tanggamus.

"Terus terang, dibukanya jalan dari program TMMD itu saja kami sudah sangat bersyukur, namun, kami kurang yakin dengan pengawasan apabila ditinggalkan total oleh anggota TNl, kalau mengandalkan dari Pekon saja, kami yakin pasti kualahan," ujarnya.

Menanggapi pertanyaan-pertanyaan tersebut, Letkol Laut (KH) DJ Marjuki (tim Wasev) mengatakan, pihaknya akan meneruskan harapan masyarakat itu ke Pemerintah Pusat sebagai bahan laporan.

"Memang kalau program TMMD itu hanya berjalan 2 tahun sekali, namun selain TMMD masih banyak kegiatan yang melibatkan TNI, hanya namanya saja yang berbeda," ungkapnya.

Selanjutnya dijelaskan Dandim 0424 Tanggamus, Letkol Arh Anang Hasto Utomo, meskipun program TMMD merupakan program lintas sektoral, namun masih banyak kegiatan yang bisa dilakukan dengan kemanunggalan TNI dan rakyat.

"Semua tergantung Pemda, Kodim 0424 selalu siap mendukung pemkab Tanggamus terkait program pembangunan, meskipun bukan TMMD, masih banyak kegiatan kemanunggalan TNI dan rakyat, seperti Karya Bakti dan sebagainya," ungkap Dandim.

Letkol Arh Anang Hasto Utomo menegaskan, apapun namanya kegiatan yang akan dilaksanakan Pemkab, Kodim 0424 siap membantu dan menjalankan, semua itu tergantung kebijakan Pemkab Tanggamus dan DPRD Tanggamus.

"Sedangkan untuk kontrol tetap dilaksanakan dengan Babinsa, setelah selesai semua kembali ke pemkab, tapi kodim akan tetap akan laksanakan kontrol. Kami dari Kodim dan mewakili Satgas TMMD tahun 2018 ini mengucapkan banyak terimakasih atas kepercayaan masyarakat kepada kami," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM Syafi'i mengatakan bahwa, pertanyaan dan harapan masyarakat tersebut merupakan wujud apresiasi masyarakat terhadap manfaat TMMD yang telah dijalankan. Wabup menegaskan Pemkab Tanggamus siap mendukung.

"Jika ada keinginan masyarakat, dan Tentara siap, apasaja kegiatan yang diinginkan masyarakat dengan kemanunggalan bersama TNI yang sifatnya positif dan mengedepankan azas manfaat, Pemkab akan suport anggaranya," tegas Wabup. (Agus).

Post A Comment: