LAMTIM (Pikiran Lampung)-Pembangunan jalan Onderlagh pada dua titik yang  bersumber APBD Kabupaten dan Dana Desa (DD) Tahun 2022 di Desa Bumi Mulyo Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur disoal warga.

Kegiatan  pembangunan jalan onderlagh yang di bangun di Dusun 1 dengan volume pengerjaan panjang kurang lebih 1000 M tersebut dibagi dua titik satu titik   Di Jalan menuju Makam . 

Warga yang berinisial WS menyoalkan dan mengatakan kepada awak media bahwa pekerjakan menurutnya diduga tidak sesuai dengan spek serta juknis pekerjaan.


'Ya,Kalau Bisa diperbaiki kembali, karena jalan ini sangat membantu kami sebagai petani, karena jalan yang di bangun tidak sesuai dengan harapan, "ujarnya, Sabtu (31/12/2022). 

Di ketahui bahwa jalan tersebut dari warga berasal dari Aspirasi atau Harapan dari Anggota Dewan DPRD yang bernama GUNARDI dari Praksi PKB dan Satu nya di Bangun dari Anggran Dana Desa Tahun 2022.

Di temui di lokasi di lapangan oleh tim media Pikiran Lampung ini Plang anggaran biaya yang tidak di ketahui pemasangan nya di mana atau di ketaui tidak ada.

Beberapa warga dan tokoh masyarakat setempat membeberkan perihal kegiatan yang tidak melibatkan warga setempat dalam proses pengerjaan sehingga kuat dugaan telah menyimpang dari prosedur semestinya.

Terlihat di lokasi Mulai dari cara penyusunan, penggalian batu pengunci kiri, kanan, dan bagian tengah semuanya amburadul.

Batu pengunci tersebut tidak dilakukan penggalian hanya ditutupi dengan urukan pasir yang di hampar. Ditambah lagi badan jalan yang belum keras mengakibatkan jalan yang baru seumur jagung  tersebut sudah ada yang amblas hingga susunan batunya tabur.

Diketahui juga Jalan onderlagh yang di bangun melalui Anggran Dana Desa DD tersebut lebih parah lagi sampai saat mau abis Tahun 2022 baru  selesai di kerjakan.


Dari hal tersebut, warga meminta kepada pihak terkait untuk menindak lanjuti tentang adanya permasalahan ini, bahkan warga meminta jalan tersebut dibongkar dan dikerjakan ulang sesuai dengan juknis semestinya.

WS mengatakan kembali kami khawatirkan jalan itu tidak akan bertahan lama, maka oleh sebab itu kami minta kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kabupaten Lampung Timur melalui dinas terkait untuk memberikan teguran keras sehingga jalan tersebut dapat dilakukan pembongkaran dan dikerjakan ulang sesuai dengan petunjuk semestinya,"katanya.

Hingga berita ini di terbitkan, Kepala Desa Bumi Mulyo (HERMANTO) belum bisa di mintai keterangan lantaran saat dikunjungi Di Kantor Desa hingga berulang kali  tidak pernah ditemukan, bahkan saat dihubungi melalui ponsel Tidak ada jawaban belasan kali  selalu tidak ada tanggapan meski dalam keadaan aktif.(TIm)

Post A Comment: