Pesibar (Pikiran Lampung
)- Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Fasilitasi Lembaga Kemasyarakatan dan Adat Desa, PKK dan Posyandu, Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa, mengangkat cerita atau keunikan Desa Tanjung Setia Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung, dalam program "Success Story Penyelenggaraan Pemerintahan Desa dalam Penguatan Kelembagaan dan Kualitas Belanja Desa". 

Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa dalam hal ini diwakili Direktur Fasilitasi Lembaga Kemasyarakatan dan Adat Desa, PKK dan Posyandu, TB. Chaerul Dwi Sapta dalam keterangannya, Rabu (27/9/2023), mengatakan dalam program ini pihaknya melibatkan Sutradara kenamaan tanah air, Hanung Bramantyo yang diharapkan dapat menghasilkan Film Dokumenter yang memberikan dampak yang Luas dalam menterjemahkan maksud dan tujuan program.

"Yakni mengangkat potensi desa, cerita atau keunikan desa sesuai dengan nilai-nilai Luhur dan kearifan lokal," ujar Chaerul Dwi Sapta. 


Program ini diharapkan dapat menjadi sarana informasi yang baik dan masif dalam menginformasikan tentang potensi dan keunikan Desa Tanjung Setia baik secara nasional maupun International.

"Juga mendorong desa lain untuk berusaha melakukan hal serupa demi mewujudkan desa yang maju, mandiri dan sejahtera," kata Chaerul. 

Ia menyampaikan apresiasi atas dukungan dari banyak pihak atau dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat dan Pemerintah Desa Tanjung Setia, tokoh masyarakat, tokoh adat Lembaga kemasyarakatan serta masyarakat. 

Ia juga mendorong peningkatan peran dan partisipasi aktif masyarakat dalam membangun desa. Bersama pemerintah desa, terus menggali potensi dan mengembangkannya dengan inovasi dan kreativitas. 

"Misal dengan membentuk BUMDes dan mengutakan potensi desa atau alam yang akan dapat memberikan pemasukan bagi desa," ujarnya. 

Pemerintah dalam hal ini Kemendagri, ujar Chaerul, berkomitmen untuk terus melakukan pendampingan pembinaan serta pengawasan.

"Bersama masyarakat dan pemerintah desa untuk terus memiliki tekad dan niat yang kuat untuk memajukan desa di seluruh Indonesia," kata Chaerul.(jay) 

Post A Comment: