Lampura (Pikiran Lampung) - Pihak berwajib, baik kejaksaan, Polda hingga KPK diminta untuk turun dan menyelidiki dugaan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) pada proyek tiga dinas di Kabupaten Lampung Utara. 

Hal ini diutarakan oleh lembaga aliansi PELOPOR RAKYAT MENGGUGAT (Perang) Lampung, Sabtu (14/10/2023). 
" Kami minta agar pihak berwajib, baik itu kejaksaan, kepolisian hingga KPK untuk turun dan memeriksa dugaan KKN terhadap proyek tiga dinas di Pemkab Lampung Utara,"tegas Mariski mewakili Ketua umum Lembaga aliansi Perang. 

Sebab, menurutnya, jika memang dugaan adanya KKN dalam proyek di tiga dinas tersebut benar ada maka ini harus diusut tuntas. " Proyek di tiga dinas itu kan pakai uang rakyat yang mesti dilaksanakan dengan benar, jika ada dugaan KKN maka ini harus diusut tuntas biar pelakunya jera dan Lampura bisa bebas dari korupsi,"tetasnya.

pihaknya, Mariski akan turun dan melakukan investigasi serta mengawal kasus ini hingga tuntas. 

Seperti diberitakan sebelumnnya, proyek pusat yang bersumber dari DAU dan DAK di 3 Dinas yang berada di Kabupaten Lampung Utara (Lampura) diduga bermasalah dan terindikasi kuat berbau KKN dengan melibatkan pejabat utama daerah setempat serta oknum di masing masing g dinas tersebut. 

Proyek yang diduga bermasalah tersebut masing -masing ada di dinas PU Bina marga,  Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan Lampung Utara. Dimana, dari informasi awal yang diperoleh Pikiran Lampung menyebutkan, jika proyek dari dana DAU dan Dak di dinas tersebut terindikasi kuat bermuatan KKN dengan dikerjakan atau rekaman proyek tersebut adalah Pejabat Utama d daerah itu. 

"Untuk dinas pendidikan sekitar Rpm103 Miliar lebih, sedangkan untuk PU Bina Marga Rp60  miliar dan Kesehatan 69 miliar,"jelas sumber Pikiran Lampung yang enggan namanya ditulis. 

Sedangkan data dan nama proyek itu antara lain, Untuk dinas pendidikan, 
Pembangunan LAB SMP 1 Abung Pekurun 507jt CV.  Halim Konstruksi

Pembangunan Area Bermain PAUD TK Al-muhajirin  Rp. 155jt CV. Raja Konstruksi

Pembangunan Area Bermain PAUD TK Cerdas Rp. 155jt CV. Fiqih Sejahtera Utama

Pembangunan Area Bermain PAUD TK Widya Lestari Ro. 155 CV. Intan Permata Konstruksi

Pembangunan Toilet Jamban SDN Sumber Tani Rp. 121,5jt CV. Agung Jaya. 

Proyek DAU Dinas PU Bina Marga 

Pembangunan Jalan Kalibalang, Rp. 13,7 M Bima Sakti Kita

Pembangunan Jalan Cahaya Negeri 6,7 M CV. Putra Nirwana

Pembangunan Jalan Merambung Karang Waringin Rl. 13,2 M CV. Ubur-ubur Perkasa

Pembangunan Jalan Tanjung Raja Merambung Rp. 2 M CV. Trisman Jaya

Pembangunan Jalan Madukoro Sriagung Rp. 11,8 M CV. Rawajitu Pratama

Pembangunan Jalan GSG tahap 2 Kantor Kejaksaan Negeri Kotabumi Rp. 750 Jt CV. Agung Jaya

Sedangkan untuk  DAK Dinas Kesehatan yakni Rehap Puskesmas di Sungkai. jaya,  Bunga Mayang, Abung Timur, Kotabumi Selatan senilai. Masing masing 300 juta. 

Semua proyek tersebut menurut sumber media ini dikerjakan atau dilaksanakan oleh Pejabat Utama Pemkab Lampung utara bersama keluarganya. 
Pikiran Lampung masih berupaya melakukan investigasi dan mengumpulkan semua data terkait dugaan ini dan klarifikasi ke sejumlah pihak yang berhubungan dengan proyek ini.  (Red)


Post A Comment: