Foto ilustrasi.ist
Tanggamus-Isu penculikan anak di bawah umur yang menyebar melalui media sosial di masyarakat saat ini, membuat resah para orangtua.Tak terkecuali di wilayah Kabupaten Tanggamus.

Meskipun berita yang cukup menghebohkan itu belum begitu jelas, namun telah menarik perhatian dari berbagai kalangan khususnya Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Kabupaten Tanggamus.

Menurut Ketua LPAI Kabupaten Tanggamus Budi Kurniawan ST mengimbau kepada seluruh masyarakat, utamanya yang memiliki anak usia sekolah atau anak dibawah umur untuk meningkatkan kewaspadaan dalam pengawasan terhadap anak.

"Meskipun isu itu belum jelas, tapi kita tetap perlu meningkatkan kewaspadaan dan pengawasan terhadap anak, karena kejahatan terhadap anak dibawah umur masih kerap terjadi, bukan hanya penculikan saja namun banyak lagi jenis kejahatan terhadap anak," katanya, Senin (29/10).

Budi mengungkapkan, meskipun saat ini belum ada bukti otentik terhadap kejadian penculikan, namun dengan maraknya isu yang cukup fenomenal dibeberapa wilayah di Indonesia itu dapat dijadikan barometer bagi masyarakat.

"Kejahatan itu datang tak terduga, sama halnya bencana alam, jadi wajib bagi kita sebagai orang tua untuk menjaga anak-anak kita agar terhindar dari bahaya yang selalu mengintainya, waspadai tindak kejahatan sejak dini, karena pencegahan lebih baik daripada mengobati," ujarnya.

Selanjutnya Budi Kurniawan mengimbau kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Tanggamus, untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap anak ketika berada ditempat-tempat olahraga, fasilitas umum dan tempat bermain  anak. Selalu mewaspadai keberadaan orang asing atau yang tidak dikenal, bila gerak-geriknya mencurigakan.

"Selanjutnya, segera mendatangi dan menolong ketika melihat anak dalam ketakutan atau menangis dan segera berkoordinasi serta melaporkan kepada aparat yang berwenang bila ada hal-hal yang membahayakan," imbaunya.

Sementara Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma melalui Kabag Ops Kompol Bunyamin mengatakan bahwa adanya kabar penculikan di beberapa wilayah memang benar, sebab sudah ada yang diungkap oleh aparat kepolisan, namun untuk wilayah Tanggamus, saat ini masih aman kasus penculikan, sebab pihak kepolisian belum menerima laporan.

"Ya, sementara ini belum ada laporan, namun kita tetap waspada dan berharap kasus penculikan tidak terjadi di wilayah hukum Polres Tanggamus. Kita juga gencar melakukan upaya pencegahan," ungkapnya.

Dilanjutkan Bunyamin, guna mencegah aksi penculikan anak, polisi melalui bhabinkamtibmas yang ada dipekon sudah mulai gencar melakukan sosialisasi.

"Sudah kita sosialisasikan melalui personel binmas dimasing-masing pekon, dan seluruh Polsek  yang ada di wilayah hukum Polres Tanggamus," kata dia.

Lebih lanjut Bunyamin juga meminta kepada para orang tua untuk tidak mudah percaya kepada orang asing yang baru dikenal bahkan kepada asisten rumah tangga sekalipun.

"Kepada para orang tua, harus terus waspada khususnya pada orang yang baru dikenal. Kalau ada gerak-gerik mencurigakan segera lapor kepada aparat pekon atau aparat keamanan seperti bhabinkamtibmas ataupun babinsa," pungkasnya. (Agus).

Post A Comment: