Bandar Lampung-Dalam Rangka membentuk dan mewujudkan keluarga yang sehat, Satgas TMMD ke 103 Kodim 0410/KBL m, senin (29/10) melaksanakan Kegiatan TMMD Non Fisik.

Kegiatan Non Fisik Yang dilaksanakan, mengadakan penyuluhan KB Kesehatan  dengan materi " Pembinaan Bina Keluarga Remaja dan Alat Kontrasepsi " bertempat di Kantor Kelurahan Sumber Agung  Kecamatan Kemiling, ikuti  68 orang peserta.

Kegiatan penyuluhan dihadiri penanggung jawab kegiatan TMMD Non  fisik, Danramil 410-06/KDT MayorAnang Nugroho BP SH, Wadanramil 410-06/KDT Kapten Inf Wibowo, Lurah Kelurahan Sumber Agung Dessi Adha, Penyuluh KB Kota Bandar Lampung Mansyur S. Sos, Sri Sunarti, SE. M. Si, Nursakdiah. S. Sos dan Anggota Kodim 0410/KBL.

Dengan adanya penyuluhan yang dilaksanakan pada kegiatan Non fisik TMMD ke 103 Tahun 2018 Kodim 0410/KBL, selaku penanggung jawab pada kegiatan Penyuluhan KB Kesehatan  Mayor Inf Anang Nugroho, mengharapkan " Semoga apa yang akan di sampaikan para pemateri dapat dipahami oleh seluruh masyarakat, sekaligus dapat di tularkan kepada sanak saudara dan handaitoulan, agar ilmu yang di dapat bisa di implementasikan dalam kehidupan sehari hari ".

Di kesempatan tersebut, pemateri menyampaikan " Remaja adalah masa peralihan antara masa kanak - kanak ke masa dewasa, Adapun ciri yg sudah masuk kedalam kategori remaja, Puberitas. Masa puberitas adalah masa dimana tubuh sedang mengalami perubahan dari struktur anak - anak menjadi struktur tubuh orang dewasa "

" Adapun Permasalahan yang timbul, biasanya berkaitan dengan masalah seksualitas, penyalahgunaan Napza dan HIV/AIDS "

" Untuk sangat  penting menata masa depan dengan baik, meninggalkan perilaku yg tidak bermanfaat dan merusak masa depan remaja itu sendiri "

"  Peran dari orang tua sangat lah penting bagi remaja dan remaja tidak bisa berjalan sendirian tanpa didampingi orang tua "

Lebih lanjut Pemateri menyampaikan,  " Program Genre adalah suatu program untuk memfasilitasi terwujudnya remaja yang berperilaku sehat, terhindar dari TRIAD KKR, Media informasi dan konseling bagi remaja yaitu PIKR (Pusat Informasi dan Konseling Remaja) dengan harapan bagi remaja dan orang tua dapat menanamkan nilai nilai moral melalui 8 fungsi keluarga yakni, Fungsi Agama, Fungsi sosial dan budaya, Fungsi cinta dan kasih sayang, Fungsi perlindungan, Fungsi reproduksi, Fungsi Sosialisasi dan pendidikan, Fungsi Ekonomi dan Fungsi Lingkungan "

Diakhir penyampaian nya pemateri menyampaikan, " Perlu Pendewasaan dalam usia perkawinan dengan meningkatkan usia perkawinan minimal usia 20 tahun bagi wanita dan 25 bagi laki laki, merencanakan kerangka masa reproduksi dengan merencanakannya sebaik mungkin lewat tiga masa reproduksi " tutup pemateri.(tm)

Post A Comment: