Tanggamus—Kehadiran objek wisata Puncak Batu Kapal yang terletak di Pekon Wayharong, Kecamatan Airnaningan, Kabupaten Tanggamus sebagai lokasi wisata alam baru mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus dalam hal ini Dinas Pariwisata (Dispar) setempat.

Kadispar Tanggamus  Retno Noviana Damayanti mengatakan, wisata puncak batu kapal ini lokasi wisata yang baru. Kehadiran wisata bebatuan alam yang berada di atas bukit dengan jumlah batu ribuan dan ukuran yang sangat besar ini, diyakini akan menjadi kebanggaan Kabupaten Tanggamus.

“Saya sangat merespon dan bangga terhadap masyarakat setempat dalam hal ini Pokdarwis wisata puncak batu kapal ini karena mampu menghadirkan dan mengembangkan wisata alam yang sangat menakjubkan ini sebagai destinasi wisata baru di Tanggamus,” kata Retno, saat melakukan kunjungan ke lokasi destinasi wisata puncak batu kapal, Kamis (13/12/2018).

Mantan Sekretaris Dinas PU Tanggamus ini juga menerangkan, tentunya dalam hal ini Dispar Tanggamus sangat mendukung penuh masyarakat dan pokdarwis setempat dalam mengembangkan dan memajukan pekon dengan memanfaatkan potensi alam yang ada didaerahnya. Seperti yang diketahui, Kecamatan Airnaningan ini sendiri memang memiliki lokasi wisata yang indah seperti air terjun, bendungan batu tegi dan pulau kukang.

“Kedepannya, untuk pengembangan wisata ini akan menjadi perhatian khusus dari kita. Karena memang sangat berpotensi sekali, jadi bukan hanya menyuguhkan spot yang instagrmable, namun ada nilai sejarahnya juga kenapa wisata ini dinamakan batu kapal. Dan memang salah satu spot utama di lokasi wisata ini adalah ada satu batu yang sangat besar jika dilihat dari bawah akan terlihat layaknya sebuah kapal,” terangnya.

Retno juga menambahkan, untuk langkah pertama Dispar Tanggamus ini sendiri dalam hal mendukung pengembanganya adalah akan menerbitkan surat keputusan (SK) dan  pengukuhan Pokdarwis wisata puncak batu kapal ini. Dan untuk kedepanya, akan di lakukan pembinaan dan di ikut sertakan dalam kegiatan sosialisasi ataupun pelatihan di Dispar Tangamus.

“Kita berharap dengan semakin banyaknya masyarakat yang ada di kabupaten ini membuat pokdarwis bisa meningkatkan kesadaran akan pemanfaatkan potensi wisata yang ada didaerahnya. Sehingga tidak dipungkiri lagi dengan meningkatnya lokasi wisata tersebut, akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat sekitar, ya dengan menjajakan berbagai macam makan atau souvenir lainnya,” pungkasnya.(Yusuf/Agus).

Post A Comment: