Bandarlampung (Pikiran Lampung)— Kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Lampung yang meninggal bertambah tiga orang. Hingga hari ini   total yang meninggal 36 orang, Jum'at (2/10/2020).

Reihana mengungkapkan, tiga pasien yang meninggal yaitu dari Lampung Selatan satu orang, Tulang Bawang Barat satu orang dan Pesawaran satu orang.


Dijelaskan pasien meninggal nomor 892 laki-laki usia 34 tahun dari Lampung Selatan. Pasien ini mempunyai riwayat kontak dengan pasien Nomor 815.

Pasien ini mempunyai aktivitas sehari-hari adalah berjualan di pasar di Lampung Selatan.

Kronologisnya, pada 12 September mulai timbul gejala demam batuk kering disertai sesak nafas.  Pada 27 September 2020 masuk ke rumah sakit pemerintah di Kabupaten Lampung Selatan.

Kemudian pada 28  September 2020 pasien tersebut dilakukan pemeriksaan dan sehari kemudian pasien dilakukan pengambilan swab dengan positif Covid-19.

Pada 30 September 2020 pasien mengeluh sesak nafas. Sebenarnya pasien tersebut punya penyakit asma sejak kecil dan pada 1 Oktober pasien mengeluh sesak semakin berat.

"Pada hari itu juga, pukul 14 WIB yang bersangkutan menderita gagal nafas atau nadi tidak teraba dan dinyatakan meninggal dunia," jelas Reihana.

Pasien positif Covid-19 meninggal dunia nomor  919 laki-laki usia 61 tahun dari Tulang Bawang Barat merupakan kasus baru.

Kronologisnya pada 20 September 2020 pasien masuk ke salah satu rumah sakit swasta di Lampung Tengah dengan diagnosanya adalah pneumoni dan juga ada kelainan jantung.

"Pada 25 September 2020 dirujuk juga ke Rumah  perawatan di rumah sakit swasta di Lampung Tengah, dan pada hari itu juga pasien  dinyatakan meninggal dunia," kata Reihana.

Pasien positif Covid-19 yang meninggal nomor 927 laki-laki usia 68 tahun dari Pesawaran .

Pada 2 September datang ke rumah sakit swasta di Metro dengan keluhan sesak nyeri dada lemas kemudian pasien merasa bertambah sesak. Saat diperiksa pasien mempunyai penyakit komorbid yaitu jantung dan hipertensi.

Pada 29-30 dilakukan pengambilan swab oleh petugas dan kondisi sesak semakin berat dan selanjutnya pada 1 Oktober jam 15:00 pasien mengalami perburukan penurunan saturasi oksigen. Pada hari itu juga pasien dinyatakan meninggal dunia dan hasil lab dari rumah sakit umum daerah Metro terkonfirmasi covid 19.

"Dari tiga pasien yang meninggal dunia tersebut, dilakukan pemulasaran jenazah dengan protokol kesehatan Covid-19," ungkap Reihana.

Selain itu Reihana juga menjelaskan penambahan pasien positif Covid-19 sebanyak 25 kasus yang terdiri dari Lampung Selatan enam orang, Bandar Lampung lima orang, Lampung Tengah lima orang, Lampung Utara empat orang, Metro dua orang, Tulang Bawang Barat satu orang,Lampung Barat satu orang dan dari kabupaten Pesawaran satu orang.

"Namun sebanyak 25 kasus konfirmasi positif yang merupakan kasus baru ada delapan orang dan sebanyak 17 orang adalah hasil tracing. Kemudian yang menjalani isolasi mandiri ada 14 orang dan yang dirawat di rumah sakit rujukan ada 11 orang," jelas Reihana di posko satgas terpadu Covid-19 Provinsi Lampung.

Dijelaskan pasien positif Covid-19 nomor 908 laki-laki usia 36 tahun dari kota Metro. Merupakan kasus baru.

"Sebelumnya yang bersangkutan menghadiri pernikahan di Baturaja, Sumatera Selatan. Saat ini bergejala dan sedang dirawat di isolasi rumah sakit di Metro," katanya.

pasien positif Covid-19 nomor 909 sampai dengan 911 dari Lampung Utara. Merupakan hasil tracing dari pasien 805. Saat ini sedang menjalani isolasi mandiri.

Kemudian pasien positif Covid-19 nomor 912 laki-laki usia 40 tahun dari Lampung Utara. Merupakan kasus baru. Saat ini bergejala dan sedang melakukan isolasi di rumah sakit Ryacudu di Lampung Utara.

Pasien positif Covid-19 nomor 913 perempuan usia 47 tahun dari Lampung Tengah. Merupakan hasil tracing dari kasus 848.

"Sebelumnya pasien ini mengikuti kegiatan pembinaan PKK Kecamatan sama pasien nomor 848. Saat ini sedang dirawat di ruang isolasi di rumah sakit demam pulau Raya, Lampung Tengah," ujarnya.

Selanjutnya pasien nomor 914 dari Lampung Tengah merupakan hasil tracing dari kasus 847. Saat ini sedang menjalani isolasi mandiri.

pasien 916 laki-laki usia 43 tahun dari Lampung Tengah merupakan hasil tracing dari kasus 847. Saat ini gejala dan sedang menjalani isolasi di salah satu rumah sakit di rumah sakit swasta.

Lalu pasien positif Covid-19 nomor 917 perempuan usia 59 tahun dari Lampung Tengah. Merupakan hasil  tracing dari pasien 819. Saat ini sedang menjalani isolasi mandiri.

Pasien 918 laki-laki usia 41 tahun dari kota Metro merupakan hasil tracing dari 848. Saat ini sedang menjalani isolasi mandiri.

Pasien 919 laki-laki usia 61 tahun dari Tulang Bawang Barat. Merupakan kasus baru. Sebelumnya masuk rumah sakit dengan diagnosa pneumoni dan pada saat itu sempat dilakukan rujukan ke rumah sakit swasta lainnya karena kesadaran menurun dan pada. Pasien ini meninggal dunia.

Selanjutnya pasien nomor 920 sampai 922 dari Lampung Selatan merupakan hasil tracing dari pasien 799. Saat ini sedang menjalani isolasi mandiri.

Pasien positif Covid-19 nomor 923 laki-laki 19 tahun dari Lampung Selatan merupakan hasil tracing dari pasien 890. Saat ini sedang menjalani isolasi mandiri.

Pasien positif Covid-19 nomor 924 laki-laki udia 61 tahun dan Lampung Selatan merupakan kasus baru. Pernah kontak dengan pelaku perjalanan luar daerah yaitu dari Jakarta keluhan sesak nafas dan melakukan pengobatan di salah satu rumah sakit swasta.

"Ada riwayat penyakit hipertensi dan saat ini sedang menjalani isolasi di rumah sakit swasta di Kabupaten Lampung Selatan," ujarnya.

Selanjutnya pasien nomor 925 laki-laki usia 45 tahun dari Lampung Selatan juga merupakan kasus baru dan bekerja pada satu perusahaan BUMN.

"Pasien ini juga merupakan  pelaku perjalanan dari merak Banten ke bakauhuni dan saat ini sedang menjalani isolasi mandiri," katanya.

Kemudian pasien nomor 926 laki-laki usia 59 tahun dari Lampung Barat merupakan hasil tracing dari pasien 821. Saat ini sedang menjalani isolasi mandiri.

Lalu pasien positif Covid-19 nomor 927, dari kota Metro. Pasien ini dinyatakan meninggal dunia.

Pasien positif Covid-19 nomor 928 laki-laki usia 37 tahun dari Bandar Lampung. Merupakan kasus baru saat ini tanda gejala sedang dirawat di rumah sakit swasta di Bandar Lampung.

Pasien nomor 929 laki-laki usia 79 tahun juga dari Bandar Lampung merupakan hasil tracing dari pasien 862. Saat ini karena bergejala sedang dirawat di salah satu rumah sakit swasta di Bandar Lampung.

Pasien nomor 930 laki-laki usia 32 tahun dari Bandar Lampung merupakan juga kasus baru. Yang bersangkutan merupakan pemain klub sepak bola di Bandar Lampung .

"Pasien tersebut ada riwayat atau pernah kontak dengan pasien yang terkonfirmasi positif dan meninggal yaitu pasien 860.  Saat ini sedang menjalani isolasi di mandiri di suatu tempat," jelasnya.

Pasien positif Covid-19 nomor 931 laki-laki usia 61 tahun dari Bandar Lampung. Merupakan hasil tracing dari pasien 839 dan saat ini sedang menjalani isolasi mandiri.

Pasien positif Covid-19 nomor 932 perempuan usia 29 tahun dari Bandar Lampung merupakan hasil tracing dari pasien 887 dan saat ini sedang menjalani isolasi di salah satu rumah sakit pemerintah di provinsi Lampung.

Selain bertambah, Reihana juga menjelaskan penambahan pasien sembuh atau selesai isolasi

" Hari ini juga ada penambahan yang selesai isolasi itu 12 orang di mana di Kota Bandar Lampung ada lima orang, dari Lampung Utara empat orang dan dari Tulang Bawang tiga orang," ungkapnya. (Am)

Post A Comment: