Tulangbawang (Pikiran Lampung
) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Puji Raharjo melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Darul Ishlah yang terletak di Kecamatan Banjar Margo, Kabupaten Tulang Bawang, Rabu (31/8/2022). 

Turut hadir dalam kunjungan tersebut di antaranya Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tulang Bawang, Kepala Seksi Pendidikan Islam, dan Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kemenag Provinsi Lampung.

Dalam kegiatan itu Kakanwil menyampaikan 4 sikap yang harus dimiliki oleh seorang santri untuk dapat mencapai kesuksesan. Yaitu communication, critical thinking, creativity, dan collaboration.


"Kemampuan komunikasi atau Communication merupakan keterampilan yang sangat berharga di dunia kerja dan kehidupan sehari-hari. Berkomunikasi merupakan kegiatan mentransfer informasi, baik secara lisan maupun tulisan. Komunikasi merupakan hal penting dalam peradaban manusia," jelasnya.

Kakanwil menjabarkan, keterampilan berpikir kritis atau Critical Thinking merupakan keterampilan fundamental pada pembelajaran di abad ke 21.

"Kemampuan / keterampilan berpikir kritis mencakup kemampuan mengakses, menganalisis, mensintesis informasi yang dapat diajarkan, dilatihkan dan dikuasai," sebutnya.

Creativity (kreatifitas) lanjut Kakanwil, merupakan kemampuan untuk mengembangkan, melaksanakan, dan menyampaikan gagasan-gagasan baru kepada yang lain; bersikap terbuka dan responsif terhadap perspektif baru dan berbeda.

"Selain itu, kolaborasi berkenaan dengan kemampuan seseorang dalam menciptakan penggabungan baru. Kolaborasi dan kerjasama tim dapat dikembangkan melalui pengalaman yang ada di dalam pondok, antar pondok, dan di luar pondok," paparnya. 


Untuk diketahui, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Puji Raharjo melakukan pembinaan ASN di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Tulang Bawang, Rabu, 31 Agustus 2022.

Tampak hadir dalam acara ini diantaranya Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, seluruh Kepala Seksi pada Kankemenag Kabupaten Tulang Bawang, para Kepala KUA, Pokjaluh, Penghulu, dan sejumlah Tokoh Adat Megou Pak.

Pada kesempatan itu, Kakanwil mengajak seluruh ASN Kemenag di Kabupaten Tulang Bawang untuk menjadi orang yang benar atau orang baik dan masuk kelompok orang - orang yang tidak kesasar.

“Sehingga kalau kita semua masuk dalam kelompok orang yang baik, maka Kementerian Agama dapat mewujudkan visi misinya dengan baik,” ucapnya.

“Pada kesempatan siang hari ini saya juga mengajak kita semua untuk selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan mengimbau agar terus menunjukkan hal positif atas sesuatu yang telah kita lakukan serta berpikir optimis. Sehingga kita akan menarik hal lain untuk menjadi positif pula,” tambahnya.

Menurut Kakanwil, jika tidak melakukan apapun maka kita tidak akan dilihat oleh siapapun. Dan tidak akan pernah mencapai apapun kalau kita hanya mengeluh terus.

“Tetapi ketika kita mensyukuri terhadap semua potensi yang kita punya, maka kita akan terpacu untuk maju. Sikap positif inilah yang menurut saya harus selalu ditumbuhkan pada satuan kerja kita masing-masing,” tuturnya.

Usai pembinaan, Kakanwil dan rombongan meninjau pembangunan gedung PLHUT, menutup acara Manasik Haji Sepanjang Tahun, melihat bangunan SBSN MTsN 1 Tulang Bawang, serta mengunjungi MIN 1 Tulang Bawang.(hms/red) 

Post A Comment: