Bandarlampung (Pikiran Lampung
) -- Wali Kota Bandar Lampung Eva Diwana diangkat sebagai saudara (angkon muakhi) oleh M Yusuf Ediansyah gelar Gusti Pangeran Igama Ratu dari Kebandaran Marga Balak Teluk Betung, Kota Bandar Lampung, Rabu (28/12/2022).

Prosesi angkon muakhi yang digelar di Rumah Adat Kebandaran Marga Balak di Kelurahan Negeri Olok Gading Kecamatan Telukbetung Barat dan dilanjutkan di Kawasan Wisata Sumur Putri Keluruhan Sumur Putri, Kecamatan Telukbetung Selatan, berlangsung khidmat.

Atas prosesi angkon muakhi tersebut, kini Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana telah memiliki gelar Batin Mustika Cahya Marga Kebandaran Marga Balak Teluk Betung. Angkon muakhi merupakan sebuah budaya Lampung dalam mengangkat saudara.

Gusti Pangeran Igama Ratu, mengatakan


mengangkat Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana sebagai saudara angkat ialah untuk menyambung tali silaturahmi dengan keluarga besar Kebandaran Marga Balak Teluk Betung, Kota Bandar Lampung.

Katanya, angkon muakhi ini diharapkan mendapat banyak manfaat terhadap semua pihak. “Bunda Eva kini sudah resmi menjadi kakak saya. Sebagai adik, menjadi kewajiban saya untuk menjaga, melindungi, dan mendukung dalam kesehariannya,” ujar dia.

Sementara Wali Kota Eva Dwiana mengucapkan terima kasih kepada Kebandaran Marga Balak Teluk Betung yang telah menjadikannya sebagai bagian dari keluarga besar. Menurutnya, angkon muakhi ini merupakan wujud rasa cinta terhadap daerah Lampung.

“Di Lampung ini beragama suku. Sebagai warga Bandar Lampung, tentu saya sangat bangga sudah diangkat sebagai saudara oleh Kebandaran Marga Balak Teluk Betung. Kepada semua pihak yang telah mendukung acara ini, saya ucapkan terima kasih,” ujar dia. (***)

Post A Comment: