Bandarlampung (Pikiran Lampung
) -- Jajaran ASN Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung mengikuti kegiatan Ziarah dan Tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Tanjung Karang dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke 77 Kemenag Republik Indonesia Tahun 2023, Senin, 2 Januari 2023.

Kegiatan ini dikoordinir oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung pada Pukul 07.30 WIB dengan bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Rektor UIN setempat.

Prosesi Ziarah dan Tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) diawali dengan laporan Komandan Upacara kemudian penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta, dan dilanjutkan dengan peletakan karangan oleh Inspektur Upacara serta diakhir dengan dengan prosesi tabur bunga di pusara Makam Pahlawan Tanjung Karang .

Pelaksanaan Ziarah dan Tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Tanjung Karang berjalan dengan lancar, tertib, dan aman serta menerapkan protokol kesehatan.

Usai mengikuti kegiatan tersebut, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Puji Raharjo mengatakan bahwa Ziarah dan Tabur Bunga yang dilaksanakan pada Taman Makam Pahlawan (TMP) Tanjung Karang dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke 77 Kemenag Republik Indonesia Tahun 2023.

Dikatakan Kakanwil, lewat upacara tabur bunga ini diharapkan mengerti perjuangan pahlawan bangsa dalam memperebutkan kemerdekaan bangsa dan  negara dari tangan negara penjajah.

“Kegiatan itu merupakan momentum untuk menghargai dan mengenang jasa-jasa perjuangan para pahlawan yang gugur karena membela dan memperjuangkan kemerdekaan bangsa,” ungkap Puji.

Diharapkan segenap Aparat Sipil Negara (ASN) lingkup Kanwil Kemenag Provinsi Lampung lebih mengerti dan menghayati akan makna perjuangan dan pengorbanan demi kemerdekaan bangsa.

“Selain itu menjadi salah satu tanda rasa syukur atas eksistensi Kemenag dalam membangun umat, khususnya pembinaan agama, pendidikan agama dan keagamaan serta kerukunan umat beragama,” tutur Kakanwil.

Ziarah ini dimaksudkan untuk mengenang jasa para pahlawan, termasuk para tokoh dalam memperjuangkan agama dan Kementerian Agama. Perjuangan terus dilakukan sebagai tindakan generasi penerus bangsa dalam mempertahankan keberadaan NKRI, berawal dari situlah pintu kemenangan berasal dan sampai sekarang ini kita yang menikmati dan isi.

“Untuk itulah sudah sepantasnya kita sebagai penerus pergerakkan pengembang bangsa di era ini bisa menghargai dan mengikuti semangat perjuangan para pahlawan dalam mengantarkan bangsa Indonesia yang tercinta ini kearah gerbang kemerdekaan dan menuju kompetisi kemajuan dunia yang semakin global ini,” harap Puji.

Kakanwil menekankan sebagai generasi penerus bangsa, jangan sampai melupakan sejarah bahwa negara, dan bangsa ini didirikan oleh para pahlawan. Kita sekarang ini hanya mengisi dan mempertahankan kemerdekaan tersebut dengan baik. Jangan sampai kita tidak memiliki semangat kepahlawanan.  Kalau dahulu, pahlawan dalam keterbatasan berani memperjuangkan dan mempertaruhkan jiwa dan raganya.

“Ketika kita sudah lebih baik keadaannya sekarang ini, tentu harus memberikan perjuangan yang lebih baik lagi di masa kita supaya bisa survive di tengah perjuangan era baru yaitu globalisasi dan disrupsi saat ini. Semua harus menguatkan jati diri bangsa kita. Jangan sampai Negara ini hilang dan kita hanya bagian dari sejarah,” ucapnya.

“Kepada seluruh jajaran Kanwil Kemenag Provinsi Lampung agar bisa meneladani perjuangan yang luar biasa seperti yang telah dilakukan oleh pahlawan untuk bangsa dan negara Indonesia, semoga apa yang telah diperjuangkan pahlawan kita ini bisa memotivasi kita semua dalam melaksanakan dan mengisi kemerdekaan ini,” imbuhnya.

“Kepada seluruh ASN, khususnya Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, kita ingin bahwa dengan ziarah dan tabur bunga ini di Taman Makam Pahlawan agar merefleksikan harus berdiri bersama-sama umat beragama yang berbeda-beda,” pesan Kakanwil.(**)

Post A Comment: