BANDARLAMPUNG (Pikiran Lampung
) -– Sabtu (26/8) ini, Majelis Pimpinan Pemuda Pancasila (MPC PP) Kota Bandarlampung melaksanakan Musyawarah Cabang (Muscab) IX Tahun 2023. Berlangsung di sekretariat MPC PP setempat, kegiatan dengan agenda utama pemilihan Ketua MPC PP Bandarlampung untuk periode 2023-2027 tersebut  akan dibuka Ketua MPW PP Provinsi Lampung Rycko Menoza S.Z.P. dengan diikuti 23 peserta pemilik hak suara dan 50 peserta peninjau, jajaran pengurus, serta tamu undangan.

Ketua Organizing Committee (OC) Muscab IX MPC PP Bandarlampung Darma Edi Tabrani, S.E., M.M.  berharap muscab 4 sekali ini berjalan lancar. Kemudian hasilnya sesuai harapan bersama atau paling akomodir dari suara mayoritas. ”Tentu ini untuk kemajuan MPC PP Bandarlampung dan ke depannya jauh lebih baik,” ujarnya usai geladi bersih muscab, Jumat (25/8).


Sementara untuk kandidat calon ketua yang dipastikan maju pada Muscab IX untuk dipilih menjadi Ketua MPC PP Bandarlampung periode 2023-2027 menurutnya dari beberapa nama yang sebelumnya muncul ternyata hanya ada satu yang mendaftar dan memenhui syarat. ”Yaitu Bung Cristopan Deswansyah yang juga Ketua MPC PP Bandarlampung periode sebelumnya,” kata Darma.

Penjaringan kandidat bakal calonnya sendiri, tandas Darma, dibuka mulai 21 hingga 23 Agustus. ”Memang yang secara lisan menyatakan akan maju ada lima nama. Namun hingga  penjaringan ditutup hanya satu yang mengambil sekaligus mengembalikan formulir sesuai jadwal yang kami tetapkan,” kata Darma tanpa menyinggung alasan beberapa nama lainnya tidak mendaftar. 


Diberitakan sebelumnya, pergantian Ketua MPC PP Kota Bandarlampung tengah dinanti dan menjadi incaran para kader yang menginginkan posisi tersebut. Terlihat jelang Muscab IX MPC PP Kota Bandarlampung Tahun 2023 saja, santer lima nama sudah muncul. Padahal pendaftaran penjaringan bakal calon ketuanya sendiri belum resmi dibuka. 

Kelima nama yang disebut-sebut megincar posisi Ketua MPC PP Kota Bandarlampung untuk periode 2023-2027 tersebut, dua di antaranya Cristopan Deswansyah, S.Pd.,M.Si. yang juga Ketua MPC PP saat ini (incumbent) serta Hi. Yuhadi, S.H.I. yang juga Ketua Komisi III DPRD Bandarlampung  dan posisinya di MPC Bandarlampung sebagai bendahara. Lalu Mahrizal Sinaga, S.E.,AAA-IK.; Apung Anhar, S.E.; dan Firmansyah, S.T. yang posisinya di MPC PP Bandarlampung kini masing-masing sebagai Wakil Ketua III, Ketua Bidang Kaderisasi, dan Wakil Sekretaris. P


erihal tersebut, Ketua OC Muscab IX MPC PP Bandarlampung Darma Edi Tabrani, S.E.,M.M. pun membenarkannya. "Ya, sementara itu yang kabarnya mau mencalon.  Ini pun baru sebatas rencana, baik terucap langsung dari yang bersangkutan maupun dorongan dari kader lainnya," ungkap Darma didampingi Sekretaris OC Abdul Karim usai rapat persiapan Muscab tersebut di Sekretariat MPC PP Bandarlampung, Sabtu (16/8). 



Pastinya, tegas Darma, Muscab IX MPC PP dengan agenda pemilihan Ketua MPC PP Bandarlampung untuk periode 2023-2027 sendiri baru akan dilaksanakan  pada 26 Agustus 2023 mendatang. Ada pun proses penjaringan bakal calon ketuanya, pendaftaran dibuka mulai 21 hingga 22 Agustus 2023. "Selanjutnya, 23 hingga 25 Agustus, kita verifikasi untuk diajukan ke Sidang Pleno Pemilihan dan Penetapan Ketua Terpilih pada Muscab IX MPC PP Bandarlampung," jelasnya. 

Darma juga mengatakan pendaftaran bakal calon Ketua MPC PP Bandarlampung ini terbuka untuk semua kader PP di Bandarlampung.  Baik itu dari tingkat MPC maupun PAC (Pengurus Anak Cabang). "Tentunya bagi yang memenuhi syarat, di antaranya yaitu mendapatkan dukungan minimal dari 4 PAC," tandasnya. 

Setelah itu, kata Darma, baru bisa ikut pemilihan untuk mendapatkan dukungan terbanyak dari 23 peserta yang mempunyai hak suara dalam Muscab.  "Yaitu 20 dari 20 PAC PP se-Bandarlampung, 1 dari MPC PP Bandarlampung, dan 1 dari MPW PP Lampung," bebernya. 

Muscab ini, jelas Darma, adalah pengambilan keputusan tertinggi dalam Ormas PP untuk pergantian Ketua dan Pengurus MPC PP Kota Bandarlampung. "Karena itu semoga dalam Muscab nanti mendapatkan keputusan dan hasil sidang terbaik untuk MPC PP Bandarlampung. Mendapatkan ketua dan pengurus terbaik pula untuk menakhodai MPC PP kota yang kita tahu bahwa tentunya akan menghadapai era globalisasi dan teknologi di 5 tahun ke depan," harap Darma seraya menyerukan slogan Pemuda Pancasila, "Sekali Layar Terkembang Sulit Kita Berpantang". (rim)

Post A Comment: