foto ilustrasi. ist

Metro (Pikiran Lampung)
- Kebakaran hebat kembali terjadi di w8layah kota Metro, Provinsi Lampung. 

Kali ini peristiwa Kebakaran  terjadi di areal Produksi, PT. Sinarjaya Inti Mulya atau STM di Bedeng 29 Kelurahan Banjarsari, Kecamatan . Metro Utara, Kota Metro, seluruh akses menuju pabrik di sterilkan, jumat (4/8).

Atas peristiwa kebakaran itu, muncul berbagai spekulasi penyebab kebakaran, karena kelalaian kerja, korsleting listrik, hingga indikasi kesengajaan. Terlebih kejadian kebakaran bertepatan dengan hari libur.



Dari pantauan di lokasi kejadian, Sekelas PT, yang bergerak di bidang minyak sawit CPO, terlihat minim akan pelindung keselamatan kerja dan safety kebakaran.

Desas desus warga sekitar pabrik, ada petugas atau karyawan pabrik memberikan info ke warga, bahwa petugas piket pabrik melihat ada titik api kecil ukuran api rokok di tumpukan bangkilan kelapa sawit areal produksi, yang sengaja di buang.

Tak lama, api itu mulai membesar dan menyambar tumpukkan bangkilan lainnya. Api terus berkobar menyambar tabung gas, suara ledakan terdengar radius hingga 500 meter lebih.


Diketahui juga Perusahaan tersebut akhir akhir ini mengalami defisit keuangan. Sehingga sangat dimungkinkan kebakaran pabrik terindikasi disengaja guna klaim asuransi perusahaan.

Hingga pukul 21.41 WIB, api belum juga dapat dijinakkan, petugas pemadam kebakaran khusus penjinak api Bandara Raden Intan, diterjunkan guna membantu memadamkan api, dan satu unit alat berat di turunkan, guna membongkar semua tumpukan bangkilan sawit yang masih mengeluarkan kepulan asap dan api.

Seluruh mobil damkar Kota Metro di kerahkan, dengan di bantu Damkar Kabupaten Lampung Timur, Lampung Tengah, Kota bandarlampung 4 unit, Lampung Selatan 2 unit, Bandara Raden Intan 2 unit.

Pada peristiwa kebakaran tersebut dari pantauan di lokasi, total Ambulans kesehatan 5 unit.

Total mobil damkar 17 unit, 2 alat berat. Untuk petugas damkar lebih kurang 300 personil.

Hingga kini juga, belum ada pihak perusahaan yang dapat di konfirmasikan dan memberikan keterangan. (pri/SlL) 

Post A Comment: