Foto istimewa

Bandarlampung (Pikiran Lampung
)- Musim kemarau yang belum reda membuat kebakaran kembali terjadi di ruas jalan tol Lampung. 

Dimana, petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Lampung Selatan berhasil memadamkan kebakaran lahan di Jalan Tol KM 00 Bakauheni, Kamis (19/10/2023). 

Kepala Bidang Damkar pada Dinas Damkarmat Lampung Selatan, Rully Fikriansyah, di Kalianda, Kamis, membenarkan  pihaknya bersama sejumlah personel kepolisian dan masyarakat setempat berhasil memadamkan kebakaran lahan di tol Bakauheni.

"Iya benar siang tadi telah terjadi kebakaran lahan di KM 00 tol Bakauheni, kurang lebih pukul 10.35 WIB," kata dia.

Pihaknya sempat kesulitan mengatasi kebakaran lahan tersebut karena kondisi di lokasi kejadian terdapat angin kencang serta rumput yang sudah kering, mengakibatkan lahan mudah terbakar.

"Tim Damkar yang mendapat laporan pukul 10.40 WIB langsung meluncur ke lokasi dengan mengerahkan satu unit mobil pemadam," katanya.

Ia menjelaskan sekitar pukul 14.50 WIB api berhasil dipadamkan dan petugas Damkar terus memantau dan melakukan pendinginan di area lokasi kejadian.

"Api dapat dipadamkan pukul 14.50 WIB. Untuk korban nihil dan kerugian belum dapat dipastikan," ucapnya.

Hingga berita ini dibuat, belum ada penjelasan berapa luas lahan yang mengalami kebakaran tersebut.

Atas kejadian tersebut, Rully mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) selama kemarau di wilayah tersebut.

Ia mengatakan kesadaran masyarakat sangat penting untuk meningkatkan kewaspadaan dalam membuka lahan pertanian. Pihaknya juga mengimbau kepada warga yang melintas di jalan yang berpotensi kebakaran, agar tidak membuang puntung rokok karena dapat memicu terjadinya kebakaran.

"Kami mengimbau kepada warga masyarakat agar lebih berhati-hati dalam penggunaan api, jangan membuang sisa atau puntung rokok di pinggir jalan karena dapat menyebabkan kebakaran," ujarnya.

Untuk diketahui hingga saat ini Kabupaten Lampung Selatan masih sering terjadi kebakaran lahan, penyebab utamanya adalah kelalaian dari manusia yang sering membuang pentung rokok dan membakar lahan. (Ant/p1) 

Post A Comment: