Jakarta (Pikiran Lampung
) - Kehadiran Putra Presiden Joko Widodo, Gibran rakabuming sebagai cawapres Prabowo Subianto semakin melambungkan nama mantan Danjen Kopassus tersebut untuk melangkah mulus ke Istana. 

Pasangan Prabowo -Gibran diyakini akan semakin banyak menarik masa pendukung dengan semua program unggulan untuk seluruh lapisan masyarakat. 

Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendeklarasikan diri maju di Pilpres 2024 dan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai bakal capres-cawapres pada Rabu (25/10) dikutif dari laman BBC Indonesia. 

Di tengah prosesi itu, analis politik mengatakan pemilihan Gibran Rakabuming Raka sebagai pendamping Prabowo dalam bursa Pilpres 2024 bagaikan “buah simalakama” dalam mendulang suara pemilih.

Di satu sisi, keberadaan Gibran akan mendongkrak elektabilitas Prabowo dengan “efek Jokowi”, tapi efek ini bisa berbalik menjadi “momok negatif” terutama di kalangan pemilih muda.

Musababnya, Gibran muncul lantaran adanya dugaan “rekayasa hukum”, dan dianggap belum cukup matang secara politik untuk sebuah jabatan sekelas wakil presiden

Di sisi lain, tim Prabowo Subianto meyakini pemilihan Gibran Rakabuming Raka justru akan memberikan sentimen positif.

Sebelum mendaftar ke KPU, pasangan Prabowo-Gibran menggelar deklarasi maju ke Pilpres 2024 sebagai capres dan cawapres di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (25/10) pagi.

Dalam pidato pertamanya ke publik setelah diumumkan sebagai bakal calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Gibran Rakabuming Raka membocorkan beberapa program unggulan pasangan Prabowo-Gibran.

Di hadapan para pendukungnya, Gibran mengangkat spanduk bertuliskan "dana abadi pesantren".

“Dana abadi pesantren ini adalah mandat dari UU Nomor 18 tahun 2019,” kata Gibran.

Gibran Rakabuming Raka (kiri) bersama istrinya, Selvi Ananda (kedua kiri) menyampaikan pidato politiknya saat deklarasi pasangan capres Prabowo Subianto dan cawapres Gibran Rakabuming Raka di Indonesia Arena, Jakarta, Rabu (25/10)

Selain itu, Gibran juga menyinggung kredit usaha rakyat (KUR), kredit mekar, wakaf mikro, kredit ultra-mikro.

“Nanti akan kami tambahkan lagi kredit start-up milenial. Ini untuk bisnis-bisnis para milenial yang berbasis inovasi dan teknologi,” ujar Gibran.

Kemudian, Gibran juga menyinggung Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar, Program Keluarga Harapan (PKH).

“Nanti saya tambahkan lagi KIS Lansia. Ada satu lagi… Kartu Anak Sehat untuk pencegahan stunting,” kata Gibran.era

Prabowo Subianto (kanan) danGibran Rakabuming Raka (kiri) tiba untuk menyerahkan syarat pencalonan menjadi presiden dan wakil presiden di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan, dokumen syarat pencalonan Prabowo-Gibran dinyatakan lengkap.

“Berdasarkan informasi dari tim Kesekjenan KPU, dokumen syarat pencalonan dan syarat calon dinyatakan lengkap,” kata Hasyim.

Hasyim melanjutkan, selanjutnya Prabowo dan Gibran akan melakukan pemeriksaan kesehatan, pada Kamis, (26/10) di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.(**) 

Post A Comment: