Bandarlampung (Pikiran Lampung)
---- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Puji Raharjo didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Ny. Mardhoti Puji Raharjo dan Kepala Bagian Tata Usaha Marwansyah meresmikan Grand Opening Kantin Halal DWP, Rabu (11/10/2023) di kantor setempat.

“Saya selaku Kakanwil menyambut dan mengapreasiasi terciptanya Kantin Halal DWP Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung. Kantin halal ini adalah bukti nyata dari komitmen Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama dalam mendukung kebijakan kelembagaan terkait kehalalan makanan dan minuman. Kami percaya bahwa menjaga kehalalan adalah penting, bukan hanya sebagai tuntutan agama, tetapi juga sebagai tanggung jawab kita sebagai warga negara yang baik,” terangnya.

“Dengan meluncurkan kantin ini, kami berusaha memberikan akses mudah kepada makanan halal yang berkualitas, yang tidak hanya memenuhi kebutuhan fisik, tetapi juga memberikan kenyamanan bagi semua yang datang. Kami juga berkomitmen untuk mendukung pengusaha kecil dan menengah lokal dengan menjadi mitra dalam menyediakan hidangan-hidangan lezat yang diberkati dengan cita rasa khas Nusantara,” tuturnya.

Menurutnya, kantin halal ini sebagai wujud dukungan penuh atas program prioritas Gus Men yaitu Instruksi Menteri Agama No.1 Tahun 2023 tentang sertifikasi halal produk dan kantin dilingkungan satuan kerja Kementerian Agama. Instruksi yang terbit pada 8 Februari 2023 itu dimaksudkan dalam rangka mendorong program mandatori sertifikasi halal dengan implementasi sertifikasi halal bagi produk dan kantin di lingkungan satuan kerja Kemenag.

"Kantin Halal ini merupakan 1 dari sedikit kantin halal di Kemenag yang ada di Indonesia. Saya berharap ibu-ibu dari kabupaten/kota mendorong seluruh kantin yang ada untuk menjadi kantin halal,” harap Puji.

“Untuk diketahui, Provinsi Lampung menduduki urutan ke 4 sertifikasi halal terbanyak se- Indonesia setelah Jawa timur, Jawa Barat, Jawa Tengah. Saya juga berharap semoga sertifikat halal dan UMKM di Lampung semakin maju, dan mudah-mudahan Kemenag Lampung mempunyai 10jt sertifikat halal untuk kedepannya,” ungkapnya.

“Semoga Kantin Halal Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama akan menjadi tempat yang memperkaya pengalaman kita semua, dan kami berharap bahwa kantin ini akan memberikan manfaat besar bagi kita semua,” tandasnya.

Sebelumnya, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Ny. Mardhoti Puji Raharjo menyampaikan Kantin Halal DWP ini merupakan program bidang ekonomi Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung.

“Kantin Halal ini bertujuan untuk mendukung program-program Kemenag adalah bagaimana menyiapkan, menyajikan dan menjual barang-barang atau produk-produk halal sehingga aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Oleh karena itu, ini merupakan tanggung jawab kita sebagai ibu dan Dharma Wanita untuk mengkampayekan juga bahwa makanan halal itu adalah makanan yang terbaik yang harus kita sajikan,” tuturnya.

“Oleh sebab itu, DWP Kanwil Kemenag Provinsi Lampung ingin memberikan contoh bahwa kantin Ini adalah produk halal dan alhamdulillah sertifikat halalnya sudah keluar, dan ibu-ibu dapat mencobanya secara gratis.” tambahnya.

“Kantin halal ini juga merupakan wujud dari program kerja DWP Kemenag yaitu mewujudkan mensejahterakan anggota dan keluarganya. Mudah-mudahan ini terwujud,” pungkasnya.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Ahmad Rifa’i, Kepala Bidang PHU M. Ansori, Kepala Bidang Penaiszawa Erwinto, dan Kepala Bidang Bimas Islam Yulizar Andri, Pengurus dan Anggota DWP Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, dan Kemenag Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung.(tiwi)

Post A Comment: