Bandarlampung (Pikiran Lampung
)- Memilih adalah cara utama untuk mengekspresikan pendapat, Pemilih Muda memiliki potensi untuk membentuk arah dan tujuan negara di masa depan. Pendapat itu disampaikan Anggota Bawaslu Lampung, Gistiawan dalam kegiatan Diskusi Publik dan Launching Lembaga Pemantau Pemilu (LPP) KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia) bertema “Pemilu 2024 dan Suara Kaum Muda", Sabtu (18/11).

Sebagai Perwakilan Bawaslu Lampung, ia menuturkan bahwa Bawaslu Lampung mengapresiasi kegiatan tersebut dan membuka diri untuk berkolaborasi.

"Bawaslu sebagai lembaga yang mengawasi tahapan Pemilu mengapresiasi kegiatan Diskusi dan Launching LPP ini, harapannya dapat membantu jalannya pengawasan, berkolaborasi peran, serta pengawas partisipatif di Lampung, kabupaten/kota kecamatan," ungkap Gistiawan.

Gistiawan mengatakan bahwa sejarah membuktikan peristiwa penting di NKRI banyak yang digerakkan oleh Pemuda.

"Wujud nyata pemuda, menjadi garda terdepan baik peristiwa penting sejarah indonesia sampai sekarang, termasuk dalam konteks yang sedang dijalani pada tahun demokrasi ini," kata Gistiawan.

Gistiawan menguraikan bahwa Penyelenggara Pemilu, Peserta pemilu dan Masyarakat Pemilih (Suara Rakyat) semua harus berintegritas.


"Ketiga elemen penting ini s
 Bandarlampung (Pikiran Lampung aling berkaitan untuk terselanggaranya Pemilu yang diharapkan dapat berjalan LUBERJURDIL dan berintegritas menjalankan semua tahapan Pemilu sesuai dengan Aturan Pemilu baik Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, Perbawaslu, PKPU dan aturan lainnya," Jelas Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Lampung.

Gistiawan  juga mengajak Pemuda untuk mengawal Demokrasi.

"Kita sukseskan Pemilu 2024 yang Aman damai tanpa Politik Uang, hoax dan politisasi SARA," tambah Gisti.

Gisti menyampaikan, Bawaslu mengakomodir Temuan dan Laporan juga membuka Posko Aduan dan informasi dari Masyarakat. Ia berharap LPP KAMMI juga dapat ikut mengawasi dan memberikan informasi dugaan pelanggaran baik itu terjadi di Lampung, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan .

Ditempat yang sama ketua KAMMI Wilayah Lampung, Habibullah Al Ansyor  menyampaikan Pemilu yang sedang hangat dibicarakan dan Pemuda juga diharapkan dapat menjadi ujung tombak perubahan di masyarakat yang melek politik.

Menurut Habibullah kegiatan ini sesuai intruksi Pengurus Pusat KAMMI sebagai bentuk wujud partisipasi warga negara Indonesia untuk menjadi Pemantau Pemilu 2024.

"Ini hajat besar Negara, tentu KAMMI ingin berkontribusi dalam pesta demokrasi mengambil bagian dalam konteks Pemilu bersama menyukseskan khususnya di Lampung," ungkapnya.

Akhir sambutan, Ketua Umum KAMMI Lampung berharap diskusi Publik ini dapat menjadi motivasi bersama, saling sharing terkait suara pemuda dan partisipasi masyarakat dan kaum muda dalam Pemilu.(wawan)

Post A Comment: