Tanggamus, Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Tanggamus, menyayangkan ketidak hadiran perwakilan dari tim pemenangan dua calon Presiden dalam acara Ngobrol Bareng yang digelar Pimpinan Daerah (PD) IWO Tanggamus bekerjasama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tanggamus.

Padahal, acara Ngobrol Bareng dengan mengusung tema "Politik Santun Tanpa Politik Uang dan Hoax" itu, dikemas dengan konsep diskusi santai terkait permasalahan-permasalahan krusial dimasyarakat, dalam menghadapi Pemilu 2019.

Ketua PD IWO Tanggamus Odo kuswantoro mengatakan, dirinya sangat menyayangkan ketidak hadiran dari tim pemenangan di Kabupaten Tanggamus untuk dua kubu Pasangan Calon Presiden tersebut.

"Padahal upaya untuk mengundang mereka sudah maksimal, selain surat undangan resmi yang dilayangkan, juga upaya menghubungi mereka via telepon pun sudah kami lakukan, namun kenyataannya, perwakilan pun tidak hadir di acara tersebut," katanya usai acara berlangsung di Jojo Cafe dan Florist di Pekon Gisting Bawah Kecamatan Gisting, Jumat (22/3/2019).

Odokuswantoro mengaku, acara Ngobrol Bareng itu membahas terkait berbagai masalah dimasyarakat dalam menghadapi Pilpres, yang notabene sangat penting diketahui oleh ke dua tim tersebut.

"Pembahasan dalam acara itu, isinya tentang penyebaran berita hoax dan penyerangan diantara dua kubu di Medsos, selisih angka DPT, dan suara yang belum terakomodir dalam DPT, khususnya warga binaan didalam Lapas maupun Rutan," imbuhnya.

Selain masalah-masalah tersebut, masih kata Odokuswantoro, dalam acara itu juga membahas terkait sanksi hukum serta proses pelaporan dan penanganan bagi pelanggar dan proses sengketa dalam Pemilu.

"Di acara itu, kita menghadirkan KPU, Polres Tanggamus, Kesbangpol dan pihak lainya, untuk mengupas tentang akan seperti apa Pemilu 2019 ini khususnya di Kabupaten Tanggamus," ujarnya.

Selanjutnya Odokuswantoro menjelaskan, bila dilihat dari tema dan isi acara, kesemuanya berkaitan dengan dua pihak yang sangat berkepentingan.

"Jadi disini ada tanda kutip yang kami sikapi dari ketidak hadiran mereka, ada apa, mengapa, apakah karena kami yang mengadakan atau seperti apa, karena dilihat dari alasan kesibukan, toh bisa diwakilkan pada orang-orang yang berkompeten di pihaknya," pungkas Odo kuswantoro.

Diketahui sebelumnya, IWO Tanggamus bekerjasama dengan Bawaslu Tanggamus menggelar acara Ngobrol Bareng terkait Pemilu dengan menghadirkan, KPU, Bawaslu, Polres Tanggamus, Disdukcapil, Kesbangpol, Lapas Kotaagung, Panwascam, Kodim 0424 Tanggamus, Mapilu dan perwakilan Mahasiswa STIMIK dan STEBI serta organisasi mahasiswa IMAMTA dan mengundang Ketua Tim Kampanye Kabupaten Tanggamus untuk Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, serta Ketua Tim Pemenangan Kabupaten Tanggamus untuk Prabowo dan Sandiaga Uno.

Acara yang dimulai pukul 15.00 WIB hingga pukul 17.25 WIB itu dihadiri oleh, Ketua KPU Tanggamus, Otto Yurisaputra dan Komisionernya seperti Angga Lazuardi, dan Hayesta F Imanda, Ketua Bawaslu Tanggamus, Dedi Fernando, beserta Komisionernya seperti Ali Ngafan, Ali Usman dan Najih Mustofa, perwakilan Disdukcapil Tanggamus, Perwakilan Kesbangpol Tanggamus, perwakilan Lapas Kelas IIB Kotaagung, perwakilan Polres Tanggamus, Panwascam Gisting, dan perwakilan Mahasiswa dan awak Media. (Agus).

Post A Comment: