Lamtim (Pikiran Lampun
g)-  Daerah Lampung Timur menyimpan banyak potensi alam sebagai tempat wisata yang asyik dikunjungi di hari libur bersama keluarga.

Sejauh ini tempat wisata yang terkenal di Lampung Timur adalah Taman Nasional Way Kambas (TNWK). Namun saat ini TNWK sedang ditutup untuk umum.

Ditutupnya TNWK bukan berarti tidak ada tempat wisata asyik di Lampung Timur. Berikut ini sejumlah tempat wisata menarik di Kabupaten Lampung Timur.



1. Danau Way Jepara

Danau Way Jepara terletak di Desa Labuhanratu, Kecamatan Way Jepara, Lampung Timur. Danau ini sebenarnya adalah sebuah waduk yang berfungsi untuk mengairi sawah 5 ribu hektare lebih.

Meskipun belum dikelola secara maksimal sebagai objek wisata, Danau Way Jepara memiliki keindahan secara alami.

Rerimbunan pohon jati, Sonokeling dan sejenisnya menjadi daya tarik tersendiri dan membuat nyaman suasana di sana. 

Danau dengan kondisi air yang tenang dan dilingkari oleh pepohonan menjadi pemandangan yang cukup menawan apalagi menikmati di sore hari dengan cuaca yang mendukung.

Selain itu, bagi penghobi mancing Danau Way Jepara tempat yang cocok untuk dijadikan spot mancing. Ayo berkunjung ke Danau Way Jepara nikmati pemandangan alami bersama keluarga.

2. Hutan Mangrove

Kabupaten Lampung Timur memiliki tiga titik lokasi wisata hutan mangrove yang ada di Kecamatan Pasir Sakti dan Kecamatan Labuhan Maringgai dua titik.

Di lokasi hutan mangrove, pengunjung bisa menyusuri sungai yang diapit dengan rimbunan mangrove. Selain menikmati indahnya ribuan pohon mangrove yang menjulang tinggi pengunjung bisa menikmati beberapa jenis burung liar.

Hutan Mangrove yang ada di Desa Margasari, Kecamatan Labuhan Maringgai ada 31 spesies burung, dengan total 882 individu dan 15 famili.

Untuk masuk ke lokasi wisata hutan mangrove pengunjung hanya membayar Rp10.000 per orang.


3. Taman Purbakala

Mengunjungi tempat wisata Taman Purbakala yang ada di Kecamatan Sekampung Udik, Lampung Timur, selain bisa mengenal sejarah, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan indah di lokasi tersebut.

Pengunjung bisa menemukan Punden Berundak selayaknya Piramida yang ada di Mesir. Bahkan di lokasi wisata Taman Purbakala tersebut ada 13 punden berukuran mini.

Di sana wisatawan juga bisa merasakan sejuknya air yang begitu jernih yang berada di kolam megalitik. Juga ada arca batu, prasasti batu berlubang dan menhir.

Untuk menuju Taman Purbakala, mengunjung hanya menempuh jarak 43 km dari Kota Bandar Lampung. Jika menaiki kendaraan jarak tempuh hanya sekitar satu jam. 

4. Pantai Kuala Kambas

Keindahan pantai Kuala Kambas yang berbatasan langsung dengan hutan Taman Nasional Way tidak kalah indah dengan pantai yang ada di wilayah Provinsi Lampung.


Selain hamparan pasir yang lembut nan bersih, pohon pohon Cemara laut yang berbaris di tepi pantai menambah suasana pantai semakin mempesona.

Di pantai Kuala Kambas juga terdapat sekelompok nelayan tradisional dimana aktivitas mereka me jadi suasana keindahan tersendiri dan pengunjung bisa langsung menikmati ikan bakar yang masih segar.

Untuk fasilitas umum belum seberapa lengkap karena pantai Kuala Kambas memang belum dikelola secara maksimal, padahal view pantai tersebut sangat mempesona.

5. Pantai Kerang Mas

Pantai Kerang Mas yang ada di Kecamatan Labuhan Maringgai salah satu pantai andalan kabupaten tersebut yang sudah banyak dikenal oleh wisatawan dari luar daerah.

Suasana pantai dengan pasir yang lembut pengunjung bisa menikmati suasana pinggir keliling naik perahu speed yang sudah di siapkan pengelola, satu orang dibandrol Rp25.000. Pengunjung juga bisa jalan jalan di pinggir pantai dengan menaiki delman.

Untuk masuk ke lokasi Pantai Kerang Mas pengunjung cukup membayar 10.000 dilokasi wisata banyak berbagai kuliner khas pesisir yang bisa dinikmati.Supriyadi

Post A Comment: