Samsul Hadi foto bersama Kadis Kesehatan Tanggamus dan pegawai kesehatan Tanggamus. foto agus/ pikiran Lampung
Tanggamus,-Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-53 Kabupaten Tanggamus di lapangan Pemerintah Kabupaten setempat berlangsung meriah.

Apel kesehatan dalam peringatan HKN ke-53 tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Tanggamus Hi.Samsul Hadi M.Pd.I. 

Dalam Sambutannya Samsul Hadi menyampaikan bahwa, Peringatan HKN ke-53 Thn 2017 ini tentu saja menjadi momentum yang sangat istimewa bagi segenap insan kesehatan di seluruh indonesia. 

"Oleh karena itu jajaran kesehatan baik ditingkat Pusat, Provinsi maupun Daerah turut serta memeriahkan acara peringatan HKN ini," katanya, Selasa (14/11).  

Samsul Hadi juga mengatakan, tujuan pembangunan kesehatan paradigma sehat menjadi hal yang sangat mendasar, dimana berbagai upaya penangulangan masalah kesehatan lebih menonjolkan aspek peningkatan kesadaran (promotive) dan pencegahan (preventif), dibanding pengobatan (curative). Disisi lain juga telah terjadi pergeseran paradigma yaitu dari upaya pelayanan medis (medical care) sehingga pelaksanaan program akan lebih berpijak pada penyehatan keluarga dan masyarakat. 

" Kita yakin dan percaya bahkan hampir seluruh masyarakat tahu, bahwa komponen terpenting dalam pencegahan penyakit adalah perilaku hidup sehat, selain itu juga dipengaruhi oleh kuwalitas lingkungan serta sarana dan prasarana pelayanan kesehatan.
Untuk itu kita perlu terus berupaya membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada seluruh masyarakat khususnya didalam lingkungan keluarga. Dengan demikian kita berarti membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat," Ujarnya.

Selanjutnya Wabup Tanggamus itu menyampaikan, dalam upaya promotif dan preventif yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setingi-tingginya, sehingga tercipta masyarakat yang produktif dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional pada peringatan HKN ke-53 thn ini. 

" Tema yang diusung yaitu, "Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku" Tema ini haruslah dimaknai secara luas, seiring dengan program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga, mendorong segenap lintas program dan lintas sektor terkait, bersama mewujudkan Gerakan Masyarakat (GERMAS). Gerakan ini bermaksud untuk mendorong masyarakat berprilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa yang kuat," ungkapnya.

Lebih lanjut Wakil Bupati berharap kepada semua masyarakat dan mengajak semua yang hadir untuk Meningkatkan Kualitas hidup keluarga, dengan mengutamakan perilaku hidup bersih dan sehat, selalu mengkonsumsi makanan sehat terutama sayur dan buah setiap hari, serta senantiasa berolahraga atau melakukan aktifitas fisik setiap hari dengan cara teratur dan terukur, tidak merokok dan menciptakan lingkungan bersih dan sehat. 


"Selama bulan November juga telah memeriahkan dengan berbagai kegiatan diantaranya Kampanye Germas, Kegiatan Bhakti Sosial berupa, bantuan bencana banjir bandang di wilayah kelumbayan barat, Gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di wilayah kerja puskesmas masing-masing. Deteksi dini kanker leher rahim dengan metode Inspeksi Visual Asan Asetat (IVA), Deteksi dini Kanker Payudara melalui metode pemeriksaan Payudara sendiri (SADAR), Skrining kesehatan dgn pemeriksaan beberapa indikator penyakit tidak menular (PTM),
penilaian tenaga kesehatan teladan
serta rangkaian kegiatan olahraga yang akan kita laksanakan hari ini seperti jalan sehat dan senam masal," tandas Samsul. 

Dalam kesempatan itu juga Wakil Bupati secara langsung melepas para peserta jalan sehat yang di ikuti oleh seluruh pegawai Dinas kesehatan dan Seluruh pegawai Puskesmas berjumlah 500 Orang Se-Tanggamus. (Agus). 

Post A Comment: