Salah satu sudut Kampus Unila yang Hijau. foto ist 
BANDAR LAMPUNG - Universitas Lampung (Unila) terbitkan kartu parkir elektronik berbasis aplikasi Radio Frequency Identification (RFID), sebagai sarana pengamanan kendaraan roda dua dan roda empat yang melintas di Kampus Hijau.

Disampaikan oleh Kasubbag.Humas, Marsudi saat disambangi awak media, Selasa (21/11) kemarin mengatakan penerbitan e-parkir ini sebagai upaya peningkatan sarana keamanan bagi kendaraan yang melintas di dalam kampus.

"Semakin banyak kendaraan yang melintasi di Kampus ini, Unila ingin memberikan pelayanan keamanan yang baik bagi civitas akademika,"kata Marsudi di ruang kerjanya.

Marsudi melanjutkan penerapan e-parkir ini mulai diresmikan pada Jumat (17/1) lalu, di Taman Beringin kampus, oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Unila Prof. Muhammad Kamal melalui program Coorporate Social Responsibility (CSR) dari PT. Bank Bukopin.Tbk Cabang Bandarlampung yang diluncurkan untuk mendukung kelancaran dan keamanan sistem perparkiran di Kampus Hijau.

Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Unila Prof. Muhammad Kamal mengatakan, ide penerapan kartu parkir elektronik sudah direncanakan beberapa tahun lalu.

"Pengguna jalan di Universitas Lampung, terutama kendaraan roda dua dan empat, sudah over-volume. Dengan kartu elektornik ini setidaknya menjadi sarana pengaman atau proses selektif kendaraan yang melintas di seputaran kampus,"katanya.

Lalu ia menambahkan penerapan kartu parkir elektronik tersebut merupakan bagian pengembangan sistem parkir elektronik yang sudah dilaksanakan Unila sejak tahun 2016 di masing-masing fakultas.

"Mengenai teknis pengadaan kartu parkir akan dilaksanakan bertahap mulai dari tenaga pendidik dan kependidikan, disusul mahasiswa dan pihak eksternal yang bermitra dengan Unila,"imbuhnya.

Kemudian,untuk beberapa minggu ke depan, Unila akan melakukan sosialisasi sekaligus mengedukasi warga Kampus Hijau mengenai penerapan kartu RFID ini."tuturnya.

Ia juga mewacanakan pada awal Januari 2018 sistem parkir terpadu segera diberlakukan. Penerapan sistem itu akan dilakukan di sepanjang tugu jalur masuk Unila hingga bundaran air mancur.

"Target kita di kawasan itu rapi dan bebas macet. Jadi tak ada lagi kendaraan yang parkir tidak tertib,”tandasnya.

Sementara,Pimpinan Bank Bukopin Cabang Bandarlampung, Abdi Yanwarkus Nugroho menyampaikan apresiasi dan dukungannya atas langkah Universitas Lampung ini. Ia juga berterima kasih karena sudah memercayakan Bank Bukopin ikut berkontribusi melaksanakan program parkir elektronik tersebut.

"Kartu parkir elektronik ini bisa digunakan oleh seluruh sivitas akademika. Mudah-mudahan keberadaan kartu ini bisa mendukung terwujudnya Kampus Unila tertib dan hijau selaras dengan nuansa hijau hari ini,"paparnya.(kahfi/wan)

Post A Comment: