Personil Polisi Air sedang melakukan patroli. foto ilustrasi/ist 
Bandar Lampung-  Menjelang libur dan perayaan Natal dan tahun baru 2018, berbagai persiapan pengaman telah dilakukan pihak terkait.  Termasuk oleh jajaran Direktorat Kepolisian Air (Ditpolair) Polda Lampung. Dimana, merela telah bersiap menjaga keamanan dan melakukan patroli, jelang natal tahun baru, dan libur panjang.

Direktur Polair Polda Lampung Komisaris Besar Rudi Hermanto, Selasa (12/12), mengatakan titik fokus utama pengamanan jelan libur panjang, yakni pelabuhan Bakauheni. Pihaknya akan bekerja sama dengan pihak Basarnas Lampung untuk memastikan kelancaran berlayar, dan menjaga perairan selat sunda aman dari bentuk kejahatan, ataunpun situasi berbahaya karena alam, atau kesalahan teknis dari manusia seperti kapal karam. Selain itu, praktek-prakte pungli dan preamnisme di pelabuhan Bakauheni juga jadi fokus utama, berkoordinasi dengan kepolisian sektor pelabuhan Bakauheni.
"Nanti ada sprintnya dari Polda, tim gabungan SAR bersama Satpolairres, di Bakauheni kekuatan akan giat patroli pengamanan, personil Ditpolair ada 20 orang dengan empat kapal patroli 4," ujarnya.

Rudi menambahkan ancaman yang dilakukan di perairan mungkin saja terjadi, sehingga dirinya telah mempersiapkan dengan membentuk tim khusus untuk memperketat pengamanan di perairan.
"Jelang  Natal dan Tahun Baru ini, kami semakin intensif melakukan patroli keamanan wilayah. Nanti ada beberapa tim yang dibagi dalam tiga sift akan berkeliling melakukan patroli,"katanya.
Selain patroli rutin, menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, pihaknya juga akan memantau para wisatawan asing dan domestik. Sebab, dirinya memerediksi akan banyak wisatawan asing yang berlibur di perairan Lampung.
Beberapa tempat wisata seperti,Pantai Mutun, Pulau Tegal, Pahawang, Pasir timbul, jadi titik fokus utama penjagaan di daerah Pariwisata.
"Jadi kewaspadaan juga kita tingkatkan, dari pagi sampai sore bisa ratusan wisatawan yang masuk ke Lampung. untuk menjaga keamanan mereka, kami lakukan berbagai upaya, termasuk memberikan imbauan kepada para pemilik kapal agar rutin berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memeriksa kelayakan kapal dan kelengkapan keselamatan bagi wisatawan,"jelasnya.
Biasanya personel Ditpol air akan bertugas secara penuh menjelang perayaan hari natal dan tahun baru, namun mulai saat ini juga patroli pengamanan perairan mulai dilakukan.

"Biasanya H-3 sebelum natal dan H+3 setelah tahun baru sudah mulai ramai. Dari situ kami siap berpatroli. Baik adanya ancaman keamanan maupun keselamatan wisatan,"pungkasnya.(lps/wan)

Post A Comment: