ilustrasi penumpang kereta. foto ist 
BANDARLAMPUNG- Menyambut Natal 2017 dan tahun baru 2018, PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Lampung menyediakan 3.596 kursi perharinya. Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan penumpang setiap harinya. Jumlah tersebut akan disiapkan oleh PT KAI selama 17 hari selama masa libur tersebut.

 Hal ini Dijelaskan Kepala Humas PT.KAI Lampung Pranoto. "Ya kita menyediakan 3.596 seat perharinya, jadi total selama 17 hari itu sekita 61.132 seat," kata Pranoto saat di hubungi melalui sambungan telepon, Jumat (15/12/2017).

Dia menambahkan, rute yang ditempuh laju jalur kereta diantaranya, Kreta Api (KA) Sriwijaya rute Tanjungkarang-Kertapati (Palembang), KA Rajabasa Rute Tanjungkarang-Kertapati, dan dua KA Seminung rute Tanjungkarang-Kotabumi. Serta dua KA Seminung rute Kotabumi-Tanjungkarang. "Semua rute itu pulang pergi (PP)," ujarnya.

Dia meneruskan, untuk hari ini PT.KAI untuk KA Rajabasa terisi 90 persen. Dan KA Sriwijaya terisi 40 persen. Sedangkan untuk pengamana, kata Pranoto, pihaknya dibantu oleh unsur dari TNI dan Polri. "Pengamanan kita dibantu dari TNI dan Polri untuk setiap stasiun dan jalur kreta api. Sedangkan di dalam kita tetap maksimalkan pengamanan dari Polsus KA,"jelasnya. Untuk okupansi, lanjutnya saat ini maish cukup lenggang terutama di stasiun Tanjung Karang.

"Posisi Okupansi (tingkat keterisian tempat duduk) hari ini dari jam 8:00, untuk KA Sriwijaya masih cukup lengang, untuk pengamanan TNI dan Polri menurunkan 50 personil," ungkapnya. Sementara itu, pantauan tim media ini, di Stasiun Tanjung Karang, kota Bumi dan Belambangan Umpu serta beberapa stasiun lainnya, keberangkatan dan ketibaan penumpangan  masih cukup normal. Kepadatan arus penumpang diperkirakan akan terjadi satu pekan lagi, atau tiga hari menjelang Natal.(den/wan)

Post A Comment: