Tanggamus,-Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (Hut) Kabupaten Tanggamus yang ke 21 dan Ulang Tahun (Hut) Provinsi Lampung ke 54, Pemerintah Kabupaten Tanggamus menggelar upacara Bendera, yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Kecamatan Kotaagung Pusat pada rabu (21/3).

Pada Upacara tersebut Pejabat (Pj) Bupati Tanggamus Ir. Zainal Abidin, MT, bertindak sebagai Inspektur Upacara, Sementara, Kapten Inf. Zulian Ardi sebagai Pemimpin Upacara, sedangkan Ketua DPRD Tanggamus Agus Setiawan S. Sos sebagai pembaca sejarah singkat Kabupaten Tanggamus.

Dalam amanatnya, Inspektur Upacara Ir. Zainal Abidin MT. mengatakan, seiring berjalannya waktu, Kabupaten Tanggamus telah berusia dewasa. Tepat di tanggal 21 Maret 2018 ini Kabupaten Tanggamus berusia 21 Tahun.
"Dalam 21 tahun perjalanan Kabupaten Tanggamus yang penuh dengan dinamika, telah mengukir berbagai sejarah. Dimana sebuah Kabupaten yang dulunya bagian dari Kabupaten Lampung Selatan, kini telah menjelma menjadi sebuah kabupaten yang telah melahirkan kabupaten Pringsewu yang dulu bagian dari wilayah kabupaten Tanggamus," kata Zainal.
Dengan berkumpul bersama, lanjut dia, dihari yang bersejarah bagi Provinsi Lampung dan Kabupaten Tanggamus hendaknya dapat menjadi momentum dan evaluasi khususnya bagi Kabupaten di Bumi Begawi jejama ini.

"Pada hari yang bersejarah ini kita dapat berkumpul dalam suasana dan damai, semoga apa yang telah kita sumbangikan dapat mendorong terciptnya Kabupaten Tanggamus yang lebih maju dan sejahtera," Kata Pj. Bupati Tanggamus itu.
Masih kata dia, sebagai masyarakat Tanggamus sudah sepatutnya bersyukur dengan menjadikan tanggal kelahiran Tanggamus sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjalanan kehidupan di daerah ini.

"Dengan karya dan prestasi kita bingkai catatan perjalanan hari ini dan kedepan, dengan kerja yang produktif demi meraih cita-cita dan harapan akan masa depan Tanggamus yang lebih maju," ujarnya

Lebih lanjut ia mengatakan, sebagai generasi penerus jadikanlah sejarah sebagai sebuah peristiwa penuh makna dan hikmah. Dari sejarah kehidupan Pemerintahan dan pembangunan Tanggamus selama ini, kita bisa memetik pembelajaran bahwa setiap generasi kepemimpinan memiliki warna dan dinamika tersendiri sesuai selera dan jamannya.

"Kepada pendahulu dan para pendiri-pendiri Kabupaten Tanggamus dengan hormat kami menyampaikan Terima kasih yang tak terhingga atas jasa dan pengabdian terbaik kepada Kabupaten Tanggamus yang sama-sama kita cintai dan banggakan ini," ungkapnya.

Selanjutnya, berbicara tentang hari jadi Provinsi lampung yang ke 54 tahun 2018, Zainal mengatakan, saat ini Provinsi Lampung telah menunjukkan kinerja pembangunan yang cukup baik yang bisa dilihat dari beberapa indikator secara nasional Indonesia.

Selain provinsi Lampung mengalami peningkatan dari peringkat 25 di tahun 2018 menjadi peringkat 11 di tahun 2018. Jumlah desa tertinggal di provinsi Lampung terus berkurang, dari 380 desa tertinggal di tahun 2014 menjadi 116 desa di tahun 2018.


"Seni pembangunan jalan tol Trans Sumatera yang saat ini telah dipercepat dari target insya Allah dapat beroperasi pada tahun 2018 ini. Kemudian provinsi Lampung mencapai Swasembada padi pada tahun ini dan juga mengembalikan kejayaan provinsi produksi jagung di Lampung," Kata Inspektur Upacara mengakhiri amanatnya, dan dilanjutkan dengan Berziarah Ketaman Makam Pahlawan Bahagia (TMP) yang bertempat di jalan lintas barat (Jalinbar) Kotaagung Timur Kabupaten setempat.

Tepat pukul 10.36, dengan dipimpin oleh Kapolres Tanggamus AKBP. I Made Rasma JK, S. Ik. M. Si. prosesi upacara dimulai dengan memberikan penghormatan kepada arwah para pahlawan. Dilanjut dengan mengheningkan cipta dan peletakan karangan bunga. (Agus).

Post A Comment: