Tanggamus,-Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Tanggamus resmi dibuka, Selasa (13/3) oleh Pjs Gubernur Lampung Didik Suprayitno yang ditandai dengan pemukulan gong.
Pjs Gubernur Lampung Didik Suprayitno dalam arahannya memuji pelaksanaan Musrenbang tahun 2018 Kabupaten Tanggamus yang dinilainya merupakan Musrenbang tercepat kedua se Provinsi Lampung.
"Saya mengucapkan selamat sekaligus bangga karena Musrenbang RKPD Kabupaten Tanggamus merupakan kedua yang tercepat di Provinsi Lampung. Hal ini membuktikan komitmen seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Tangamus untuk melibatkan partisipasi masyarakat dalam rangkaian proses perencanaandengan menjaring seluruh aspirasi dan keinginan masyarakat," kata Didik.


Meskipun Musrenbang selalu dilaksanakan setiap tahun, namun gubernur berharap kegiatan ini tidak terjebak pada rutinitas sehingga hanya sekadar memenuhi kewajiban melaksanakan rangkaian proses perencanaan.
"Akan tetapi kita harus mampu memanfaatkan momentum ini benar-benar untuk mendengarkan kebutuhan masyarakat dan seluruh stakeholder pembangunan sehingga akan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat," ujar Didik.


Dalam kesempatan tersebut, Didik juga mengingatkan kepada kabupaten/kota di Provinsi Lampung untuk memantapkan kembali cara pandang (mindset) bersama, bahwa untuk mewujudkan tujuan dan sasaran pembangunan nasional, termasuk di Provinsi Lampung, diperlukan kontribusi dari pemerintah kabupaten/kota, hingga kecamatan, pekon/kelurahan.

"Oleh karenanya koordinasi , sinergi. partisipasi dan kontribusi antar jenjang pemerintahan menjadi kunci keberhasilan kita bersama dalam mewujudkan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat," ucap gubernur.


Sementara itu, Pj Bupati Tanggamus Ir. Zainal Abidin, M. T dalam sambutannya mengatakan jika Musrenbang merupakan suatu rangkaian perencanaan yang mana produknya nanti adalah rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) yang merupakan penjabaran rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD), rencana strategis (Renstra) RPJMD Provinsi Lampung hingga 9 agenda prioritas pembangunan nasional atau nawacita.

"APBD di Tanggamus ini tidak banyak pendapatan hanya Rp1,635 triliun begitu juga dengan belanja Rp1, 635 triliun, tentunya dengan anggaran segitu masih kurang sebab daerah banyak kebutuhan. Untuk mengatasi kekurangan anggaran itu diperlukan sinergi antara pemkab dengan pemprov dan pusat," ujar Zainal.


Sementara itu, Kepala Bappeda Tanggamus Hi. Hendra Wijaya Mega, S. T, M. M, dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan Musrenbang tahun ini adalah yang terpanjang selama tiga hari yakni 13-15 Maret 2018.
"Musrenbang kabupaten adalah dasar penyusunan dokumen rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2019, yang mana rangkaiannya mulai dari pekon, kecamatan, Forgab SKPD 27 Februari -1 maret 2018," ujar Hendra.

Hendra juga mengaku senang sekaligus bangga atas kehadiran Pjs Gubernur Lampung dalam kegiatan Musrenbang 2018.
"Kami merasa bangga sebab Musrenbang dihadiri dan dibuka langsung oleh gubernur adalah hal yang langka," kata dia.
Ditambahkan Hendra bahwa sasaran yang ingin dicapai dari pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Tanggamus tahun 2018 yaitu tercapainya perencanaan pembangunan yang optimal dengan memadukan berbagai aspirasi masyarakat.
Add caption

"Hasil dari Musrenbang Kabupaten ini akan dibawa ke Musrenbang tingkat Provinsi dan Nasional," ujar Hendra.
Untuk diketahui Kegiatan Musrenbang tahun 2018 ini digelar selama tiga hari 13-15 Maret,selain Pjs Gubernur Lampung Didik Suprayitno, turut hadir Kepala Bappeda Provinsi Lampung Taufik, Kepala Biro Protokol Setdaprov Lampung Bayana, Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, S. Sos dan Forkopimda. Kegiatan Musrenbang itu sendiri diikuti oleh seluruh OPD dan kecamatan. (adv).

Keterangan gambar 

Foto  3: Pjs Gubernur Lampung Drs. Didik Suprayitno, M. M memukul gong tanda dibukanya Musrenbang 2018 Kabupaten Tanggamus. 

FOTO 2: Pjs Gubernur Lampung Drs. Didik Suprayitno, M. M mengambil sekapur sirih dari penari. 

Foto 1: Pjs Gubernur Lampung Drs. Didik Suprayitno, M. M menggunting pita tanda diresmikannya Musrenbang Expo 2018.

FOTO 4: Pjs Gubernur Lampung Drs. Didik Suprayitno, M. M meninjau Stand Dinas Pariwisata Tanggamus yang memamerkan potensi wisata dan kerjanian tangan.

Foto 5: Sekda Tanggamus memberikan Piala kepada PT Geothermal Energy Area Ulubelu yang mendapat Tanggamus Award 2018. 

Foto 6: Pj Gubernur Lampung foto bersama dengan Ketua DPRD Tanggamus seluruh kepala OPD Tanggamus 

Post A Comment: