Ilustasi. ist


Tanggamus- Kabar duka kembali datang dari daerah Tanggamus, kali sebuah kapal penumpang diduka mengalami kecelakaan di pantai setempat.
Dari informasi yang ada sedikitnya dua orang meninggal akibat Kapal Motor Angkutan Umum Berkah Saudara terbalik akibat terhamtam badai di Teluk Tangkai, Tanggamus, 12.10 WIB, Kamis (12/4/2018). Kapal itu berpenumpang 17 orang dan empat kru.

Korban meninggal Setiyem (60) dan Lidik, warga Pekon Tèlukbrak, Kecamatan Pematangsawa. Mereka diketemukan di sekitar lokasi kejadian sekitar pukul 14.00 WIB.

Kapal yang dinakhonai Kasiman (50), warga Pekon Karangbrak, biasa mengangkut penumpang dengan trayek Kotaagung-Karang Brak-Tiromawi-Kabu-Pematangsawa.
Selain penumpang kapal itu juga membawa muatan berupa 8 kwintal (90 kg) Beras Raskin, semen, BBM, dan Sembako.

Saat kejadian Kapal itu tengah menuju Pekon Karangbrak. Di perjalanan, tiba-tiba mesin mati karena mengalami kerusakan. Lalu, terombang ambing terbawa ombak, pada saat bersamaan terjadi cuaca ekstrim sehingga kapal terbalik.Sebelumnya, sang nakhoda sempat mengabarkan musibah itu pada kerabatnya di Dermaga Kortaagung dan langsung menghubungi Basarnas untuk melakukan penyelamatan di tengah laut.

Sementara itu, setelah simpang-siur, akhirnya Jumat (13/4) dini hari pukul 03.03 WIB, jumlah pasti penumpang kapal penyeberangan Berkah Saudara berhasil dikonfirmasi. Berdasarkan manifest penumpang dan kru kapal yang tenggelam di Batutangkai Telukbrak, Kecamatan Pematangsawa, Tanggamus pada Kamis (12/4) pukul 14.30 WIB itu, terisi 18 orang.



Setelah personel BASARNAS dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanggamus tiba dari lokasi kapal karam dini hari tadi, Komandan Pos SAR Tanggamus Kapten Adi Ayang Syah memberikan keterangan pasti jumlah penumpang beserta kru kapal Berkah Saudara.“Baik, dini hari ini kami informasikan, data valid jumlah penumpang berdasarka manifest adalah 15 orang. Lalu nahkoda bernama Kasiman (57), warga Pekon Telukbrak, ditambah dua anak buah kapal (ABK) yaitu Imam (22) dan Aang (18). Kami konfirmasikan juga, dari 15 penumpang itu, 2 orang dinyatakan meninggal dunia, 13 lainnya selamat,” jelas Adi pada awak media yang masih bertahan hingga dini hari ini di Dermaga Pelabuhan Kotaagung.

.Berikut adalah daftar nama 15 penumpang kapal Berkah Saudara, berdasarkan manifest penumpang dan kru kapal yang disampaikan oleh Adi Ayang Syah.



Korban meninggal:
1. Satiyem (60 tahun)
2. Khaminah (67 tahun)


Korban selamat namun trauma:
2. Bintaro (45 tahun)
3. Jumiati (45 tahun)
4. Jahra (7 tahun)
5. Surojat (38 tahun)
6. Turiah (40 tahun)
7. Nopi (30 tahun)
8. Laras (35 tahun)
9. Susi (18 tahun)
10. Rexi (7 tahun)
11. Umi (30 tahun)
12. Deni (20 tahun)
13. Supardi Yanto (57 tahun)
14. Sanien (40 tahun)



Kru kapal:
1. Kasiman (57) sebagai Nahkoda
2. Imam (22) sebagai ABK
3. Aang (18) sebagai ABK



Kemudian unsur-unsur yang terlibat dalam evakuasi Kamis (12/4) sore hingga Jumat (13/4) dini hari ini, Adi menambahkan, terdiri dari Tim Rescue Pos SAR Tanggamus, Syahbandar Kotaagung, BPBD Tanggamus, Anggota HNSI Kotaagung, Polres Tanggamus, Polair Kotaagung, Polsek Kotaagung, Pos AL Kotaagung, dan petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Panjang Wilayah Kerja Kotaagung.(tm/fs/Tl/p1) 

Post A Comment: