Foto ilustrasi latihan posko. foto ist 
Tanggamus- Kodim 0424 Tanggamus punya hajat besar pekan ini. Yaitu penyelenggaran Latihan Posko I Kodim 0424/Tanggamus TA. 2018, yang berlngsung Selasa (10/04) pukul. 07.00 WIB, Acara ini dibuka secara resmu olehSeksi Korem 043/Gatam Letkol Arh Faris Kurniawan, .S.T., M.T, bertempat di Pendopo Kodim 0424/Tanggamus.

Dalam Sambutannya Komandan Korem 043/Gatam Kolonel Kav Erwin Djatniko, S.Sos, yang dibacakan oleh Kasi Ops Korem 043/Gatam, menyampaikan bahwa Latihan Posko-I Kodim 0424/Tanggamus, dalam ranga untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan Perwira. Dalam mekanisme prosedur hubungan Komandan dan Staf dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan Olah Yudha serta Komando Pengendalian Operasi bantuan penanggulangan bencana alam di wilayahnya.

“Kita ketahui bersama, bahwa struktur alam di wilayah Kabupaten Tanggamus sangat rentan dan rawan terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam, berupa bencana tanah longsor maupun banjir. Di samping sering terjadinya bencana tanah longsor maupun banjir, tentunya wilayah Kabupaten Tanggamus juga sangat rentan terhadap kemungkinan adanya gangguan Kamtibmas,” katanya.


Oleh sebab itu, dengan Latihan Posko – I yang akan dilaksanakan sekarang ini hendaknya tidak dipandang sebagai kegiatan rutin dalam rangka melaksanakan program latihan semata, akan tetapi harus dipahami sebagai kebutuhan dalam memelihara dan meningkatkan kemampuan kualitas profesionalisme Prajurit dan Satuan secara kelembagaan, guna menjawab tantangan tugas ke depan.

Selanjutnya, agar Latihan Posko-I ini dapat berhasil dengan baik dan maksimal, hendaknya dalam pelaksanaannya selalu dikoordinasikan secara integrasi dengan berbagai instansi terkait yang ada di wilayah, sehingga dengan latihan ini akan menghasilkan produk produk staf yang dapat dimanfaatkan oleh Satuan Kewilayahan dalam menanggulangi bencana alam yang mungkin terjadi di daerah.



Adapun Tema pada penyelenggaraan Latihan Posko-I ‘Kodim 0424/Tanggamus Melaksanakan Tugas Perbantuan Kepada Polri di Wilayahnya Dalam Rangka Membantu Mengatasi Terjadinya Konflik Sosial di Wilayah’ hal ini sangat tepat.

“Oleh karena itu, saya berharap agar peserta Latihan Posko dapat memahami tema tersebut, karena tema ini sangat berkaitan dengan tugas Kodim 0424/ Tanggamus dalam mengantisipasi dan membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus pada setiap bencana yang sewaktu – waktu dapat terjadi,” ujarnya.(tm/fs)

Post A Comment: