Pengurus IWO Mesuji foto bersama dengan mitra terkait. Foto Fiter Agustian, S.H/ pikiran lampung
MESUJI - Ketua Pengurus Ikatan Wartawan Online (IWO) pusat secara resmi melantik IWO kabupaten Mesuji masa bakti 2018-2023, Senin (30/04/2018).

Prosesi pelantikan tersebut berlangsung hikmad diawali dengan penampilan tari sembah yang di bawakan oleh siswi SMA Negeri 1 Tanjung Raya, menyanyi kan lagu Indonesia raya dan mars IWO, serta penyerahan bendera pataka oleh ketua provinsi kepada ketua IWO kabupaten Mesuji.

Pelantikan dipimpin langsung oleh Ketua IWO provinsi Lampung Wawan Sumarwan di aula terbuka taman kahati desa Mekarjaya kecamatan Tanjung Raya kabupaten setempat.

Selain ketua Iwo provinsi Wawan Sumarwan hadir juga sekretaris jenderal pimpinan IWO pusat Divi Edwar Pangabean, Bendahara pimpinan iwo pusat Dwi Kristianto SH M.S.I wakil bupati Mesuji H Sapli TH, Kabag humas dan protokol Kabupaten Mesuji Hamdan serta tamu undangan dari OPD Kabupaten Mesuji, dan juga hadir pula ketua Iwo Tulang bawang Ade Setiawan beserta rombongan dan ketua Iwo Tanggamus. 

Dalam sambutannya sekretaris jenderal pimpinan IWO pusat Divi Edwar Pangabean Mengucapkan selamat kepada  pengurus IWO kabupaten Mesuji yang baru saja dilantik dan mengatakan bahwa memajukan organisasi untuk diakui oleh masyarakat tentu butuh perjuangan. 

Hanya dengan kerja dan karya itulah jawabnya, sambil melengkapi syarat-syarat ideal sebuah organisasi profesi berskala nasional, mulai dari jumlah anggota, legalitas, serta jumlah cabang di setiap propinsi. 

"Apabila kita hendak menjadi konstituen Dewan Pers, maka kita disyaratkan memiliki minimal 500 anggota dan 15 cabang tingkat Wilayah dan atau Daerah,"katanya. 

Selain itu Edwar juga menjelaskan, bahwa saat ini IWO sudah tersebar di 250 kepengurusan di tingkat Provinsi, Kab/Kota, dilihat dari Surat Keputusan yang diterbitkan Pengurus Pusat.

"Provinsi yang sudah resmi dilantik untuk pulau Sumatera setidaknya ada 5 yaitu Provinsi Sumut, Sumsel, Jambi, Kepribadian dan Lampung,"jelasnya. 

Di Lampung lanjud Edwar, yang sudah resmi dilantik yaitu Tanggamus, Lampung Utara dan Tulangbawang Barat, Tulang Bawang dan hari ini momen bersejarah ada di Kabupaten Mesuji. Menyusul selanjutnya di Kabupaten Lampung Timur, dan Pringsewu. 

"PR selanjutnya Ketua Provinsi Lampung Wawan dan jajarannya akan membentuk kepengurusan di Metro, Lampung Tengah, Pesisir Barat dan Way Kanan,"tambahnya. 

Sementara itu Wakil bupati Mesuji H.saply TH menyampaikan sambutan tertulis bupati Mesuji Khamamik SH juga mengucapkan selamat kepada pengurus IWO Kabupaten Mesuji yang telah dilantik dan berharap agar kepengurusan IWO ini mampu menjaga soliditas organisasi meningkatkan pembinaan dan profesionalisme anggotanya.

"Iwo sebagai organisasi pewarta online tentunya memiliki peran strategis dalam memberikan informasi informasi yang benar kepada masyarakat guna menangkal isu-isu negatif dan berita-berita bohong(Hoax) dan selalu berpedoman kepada undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang pers dan kode etik jurnalistik,"ujarnya. 

Selain itu ia berharap seluruh Insan pers khususnya yang tergabung dalam wadah Iwo Kabupaten Mesuji dapat menjadi penyalur kebenaran penyalur fakta dan penyalur aspirasi masyarakat.

"Saya berharap agar IWO kedepan akan senantiasa menjadi mitra Pemerintah Kabupaten Mesuji dalam upaya mensukseskan program pembangunan di Kabupaten Mesuji,"jelasnya. (Fiter) 

Post A Comment: