Anggota PKH Gunung Batin Baru saat mendapatkan bimbingan dari pendamping. Foto Ryan Joe/Pikiran Lampung
Lamteng- Program Keluarga Harapan (PKH) tidak hanya memberikan bantuan berupa uang saja, namun ada juga bantuan sembako yang diterima oleh anggota setiap bulannya.
Selain itu, di dalam PKH juga bimbingan sekolah oleh pendamping dari dinas sosial yang diadakan satu bulan sekali.

Setya Rahayuningsih SE, merupakan salah satu pendamping PKH  yang ada di  kampung Gunung Batin Baru Kecamatan Terusan Nunyai, Kabupaten Lampung Tengah yang selalu memberikan bimbingan sekolah bagi anggota PKH yang ada di beberapa dusun kampung setempat.

Dalam pertemuan sekolah PKH tersebut, Setya menyampaikan beberapa poin bimbingan sekaligus 'warning' (peringatan) kepada anggota PKH. Utamanya, terkait pencegahan kekerasan terhadap anak di dalam keluarga. Yang bisa mengakibatkan hilangnya kepercayaan diri anak, dan bahkan bisa membuat anak menjadi semakin nakal.

"Membimbing anak tidak harus dengan kekerasan, karena dengan kekerasan tidak akan menjadikan anak menjadi semakin baik atau nurut, akan tetapi bisa saja anak tersebut menjadi tidak percaya diri dan bahkan bisa semakin nakal dalam kesehariannya nanti,"jelas Setya.
Selain memberikan bimbingan di bidang perlindungan anak,.Setya juga memberikan  bimbingan pengelolaan keuangan dan perencanaan usaha kepada anggota PKH.
Dengan harapan agar masyarakat dapat benar-benar menjadi keluarga sejahtera dan mendapatkan nilai positif baik dari segi ekonomi ataupun ilmu pengetahuan.
Masyarakat Gunung Batin Baru, merasa sangat terbantu dengan adanya program PKH tersebut.
Siti meyzaroh anggota yang menerima bantuan PKH di kampung Gunung Batin Baru adalah salah satunya.. "Saya merasa sangat terbantu dengan adanya program PKH ini, apalagi selain mendapatkan bantuan berupa materil kami juga mendapatkan bimbingan sekolah PKH dari ibu Setya yang tentunya sangat menambah wawasan dan pengetahuan bagi kami,"jelas istri Jurnalis ini kepada Pikiran Lampung, Jumat (3/5/2019).

Beberapa anggota PKH yang lain pun mengatakan hal yang sama kepada pikiran Lampung ketika ditemui saat sedang ada pertemuan sekolah PKH di salah satu dusun yang ada di kampung Gunung Batin.(Joe)

Post A Comment: