Tubaba (pikiran Lampung) -
Pengadilan Agama ( PA) Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat ( Tubaba ) menerapkan Pelayanan Terpatu Satu Pintu (PTSP) dan budaya 3S ( Senyum, Salam, Sapa ) guna untuk pelayanan publik.

Wakil Ketua PA Tulang Bawang Tengah Alfitri, S.Ag., S.H., M.H mengatakan pihak  akan terus meningkatkab pelayanan. "Kami terus meningkatkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang proses pengelolaannya dimulai dari tahap permohonan pendaftarkan perkara, informasi-informasi pengadilan dan sampai terbitnya sebuah dokumen atau produk pengadilan. Berupa putusan yang dilakukan di dalam satu tempat."ujarnya selasa (23/7/2019)

Dengan PTSP ini, lanjutnya, pihaknya berharap dapat melayani masyarakat lebih baik dan lebih mudah dari sebelumnya. "Melayani masyarakat dengan lebih cepat, lebih ramah, bebas pungli pastinya, lebih transparan, dan lebih jelas dari persyaratan, biaya dan waktunya,"ungkap Alfitri.

Meskipun PTSP PA Tulang Bawang Tengah, masih sederhana,kata dia, bukan berarti pelayanan juga sederhana, namun pelayanan PTSP tetap akan dilakukan sebaik mungkin dengan di barengi budaya 3S (Senyum, Salam dan Sapa) untuk meningkatkan produktivitas kerja.

"Budaya 3S yang diterapkan oleh petugas PTSP tentu akan memiliki efek yang luar biasa bagi orang orang lain," jelasnya.

Karena Ketika melayani dengan tersenyum, menyapa  dan mengucapkan salam  bahkan  ketiga-tiganya sekaligus, secara tidak sadar hal tersebut mampu memberikan kedamaian di hati masyarakat. Di saat orang sedang mempunyai masalah, hatinya panas kemudian mendapat senyuman dari orang lain, maka hatinya akan terasa dingin ibarat bara api yang terkena air.

"Dalam hal ini alhamdullah mendapat tangapan positif dari Kapala Bagian. Perencanaan dan Kepegawaian Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung. Setelah melihat tampilan PTSP Pengadilan Agama Tulang Bawang Tengah, "hal itu sangat bagus karena akan membuat lupa bahwa kantor kita masih minimalis, semoga segala kebaikan ini menjadi bagian dari upaya meningkatkan motivasi kerja,"jelasnya. (Joe)

Post A Comment: